Panen dan Investasi Diyakini Bikin Ekonomi Kuartal II Tumbuh 5,3%

Rekanbola – Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Darmin Nasution mengungkapkan bahwa pertumbuhan ekonomiIndonesia di kuartal II-2018 bisa mencapai 5,3%. Selain karena faktor musiman, geliat ekonomi di kuartal II-2018 juga dikarenakan oleh musim panen.

“Biasanya kuartal II itu pertumbuhannya lebih tinggi dari kuartal I. Kedua, memang panen kita bergeser, kalau dari tahun lalu Februari-Maret, tahun ini lebih cenderung April-Mei,” kata Darmin di kantornya, Jakarta Pusat, Jumat (3/8/2018).

Selain pangan, faktor yang mendorong pertumbuhan ekonomi di kuartal kali ini adalah investasi. Iklim investasi yang membaik diyakini Darmin bisa mendongkrak angka pertumbuhan ekonomi.

“Pertama kan investasi kita tahun ini itu mulai membaik, sehingga itu juga akan menambah pertumbuhan. Sehingga ya kelihatannya kalau kuartal I 5,1% atau 5,06% nah kuartal II ya perkiraannya 5,2-5,3%,” kata Darmin.

Darmin juga meyakini pertumbuhan ekonomi setahun penuh bisa mencapai 5,4%, lebih tinggi dari realisasi tahun lalu 5,07%. Perbaikan iklim investasi melalui perizinan online terpadu disebut bisa mendorong ekonomi Indonesia.

“Sebenarnya pertumbuhan kita tahun ini, lebih banyak orang perkirakan di 5,3% tapi kan bukan tidak mungkin juga di 5,4%. Katakanlah 5,3% itu berarti dibandingkan tahun lalu itu sudah meningkat,” tutur Darmin.

 

( Sumber : detik.com )

Baca Juga:   Darmin Yakin Panen dan Pilkada Bikin Ekonomi Tumbuh 5,3%