Pangeran Harry-Meghan Markle Ikuti Jejak Charles-Diana

Rekanbola – Istana Kensington mengumumkan pada Senin (11/6) bahwa Pangeran Harry dan Meghan Markle bakal menjalani tur pertama mereka sebagai pasangan dalam menjalankan misi Kerajaan Inggris ke sejumlah negara.

Tur tersebut akan berlangsung pada penghujung 2018 dan akan membawa duet keduanya bertandang ke Australia, Kepulauan Fiji, Tonga, dan Selandia Baru.

Empat negara tersebut merupakan bagian dari Negara Persemakmuran yang mendaulat Pangeran Harry sebagai duta mereka.

“Duke dan Duchess of Sussex akan melakukan kunjungan resmi ke Australia, Fiji, Tonga, dan Selandia Baru pada musim gugur ini,” tulis Istana Kensington dalam pernyataannya.

“Keduanya telah diundang untuk mengunjungi wilayah Australia dan Selandia Baru oleh pemerintah masing-masing negara,” lanjut Istana Kensington.

“Duke dan Duchess akan mengunjungi negara persemakmuran lainnya yaitu Fiji dan Tonga atas permintaan dari Kementarian Luar Negeri dan Persemakmuran,” kata pihak istana.

Keputusan Pangeran Harry menjalankan misi Kerajaan Inggris ini mengikuti jejak orang tuanya, Pangeran Charles dan Putri Diana yang juga memilih Australia dan Selandia Baru sebagai lokasi pertama yang dikunjungi setelah menjadi suami-istri.

Sebelumnya pasangan yang menikah di Windsor Castle Mei lalu telah mengumkan akan datang bersama di ajang Invictus Games tahun ini yang diselenggarakan di Sydney, Oktober nanti.

Pangeran Harry-Meghan Markle Ikuti Jejak Charles-Diana

Invictus Games merupakan ajang olahraga yang digagas oleh Pangeran Harry untuk para prajurit penyintas perang dan veteran militer. Ajang ini telah diadakan sejak 2014 di beberapa negara.

“Tur ini juga akan bertepatan dengan penyelenggaraan Invictus Games di Sydney pada 2018,” kata Istana Kensington.

Abang Pangeran Harry, Pangeran William dan Kate Middleton juga pernah mengunjungi Australia pada 2014 namun ditemani oleh anak mereka, Pangeran George.

Baca Juga:   PLN Perkirakan Konsumsi Listrik Turun 50 Persen Saat Lebaran

Di sisi lain, pihak Australia dan Selandia Baru dilaporkan menyambut dengan baik rencana tur sejoli tersebut.

“Duke of Sussex [Pangeran Harry] menghadiri ajang tersebut, bersama dengan Duchess of Sussex [Meghan Markle], akan menjadi sorotan luar biasa untuk lebih dari 500 peserta dan ribuan penonton,” kata Perdana Menteri Australia Malcolm Turnbull dalam pernyataannya.

“Saya tahu masyarakat Australia akan menemui keduanya dengan hangat dan bersemangat di mana pun mereka pergi semasa di sana,” lanjutnya.

Senada dengan Turnbull, Perdana Menteri Selandia Baru Jacinda Ardern mengatakan Pangeran Harry menikmati kunjungan terakhir kalinya ke negara tersebut pada 2015 lalu.

“Ini merupakan kunjungan Duchess kedua kalinya ke negara kami dan saya tahu masyarakat Selandia Baru akan amat bersemangat menyambut mereka.” kata Ardern.

 

 

(Sumber : detik.com)