Patut Ditiru! Inilah Kebiasaan Irit Para Miliarder Dunia, Salah Satunya Jarang Ganti Baju

Rekanbola.com –  Apa yang akan kita lakukan jika mempunyai kekayaan 44 miliar US Dollar (Rp400 triliun)?

Mungkin  kita akan membeli kondominium supermewah, mobil sport termutakhir, atau hal-hal menyenangkan lain.

Yang aneh adalah jika ada orang memiliki kekayaan separuh PDB Indonesia 2012 tapi masih tinggal di rumah sederhana dan menyetir mobil lawas.

Warren Buffett (85) melakukan itu. Orang terkaya nomor tiga sepanjang 2016 versi Forbes ini masih tinggal di rumah lamanya yang dibeli pada 1958 dengan harga 31.500 US Dollar (Rp308 juta).

Sekarang harga rumah yang terletak di District Omaha, Nebraska itu sudah mencapai 652.619 US Dollar (Rp6,38 miliar). Meski begitu, tetap terhitung sederhana untuk orang sekaya Buffett.

Tidak seperti rumah miliarder lain yang penuh barang mewah dan dilengkapi sistem keamanan supercanggih, rumah pemilik perusahaan Berkshire Hathaway ini tidak berpagar.

Sekadar pintu penjaga keamanan dan kamera pengintai pun tidak ada. Di mata Buffett, rumah seluas 1.828 meter dan memiliki lima kamar tidur ini merupakan investasi terbaik ketiga yang pernah dimilikinya dan memberikan kebahagiaan tersendiri.

Kesederhanaan Buffett juga tercermin dari kebiasaannya yang lain. Jika bepergian dia jarang  ditemani sopir.

Buffett lebih suka menyetir mobil Cadillac lawasnya sendiri. Tidak pernah juga terbang dengan pesawat mewah meskipun dia memiliki perusahaan pesawat jet sendiri.

Gaya hidup seperti itu merupakan pengejawantahan prinsip hidup yang dipegang Buffett sejak kecil.

“Pengeluaran harus lebih kecil ketimbang pendapatan. Bagaimana Anda bisa menjadi miliarder kalau pengeluaran Anda lebih besar dibanding pendapatan?” ujar Buffett.

Prinsip seperti itu juga dipegang Zong Qinghou (67), pria terkaya di Cina sekaligus orang terkaya ke-23 dunia.

Baca Juga:   Bank Muamalat Tegaskan Bisnisnya dalam Kondisi Baik

Pemilik Hangzhou Wahaha Group ini ditaksir memiliki kekayaan AS$21,6 miliar atau Rp195 triliun tapi gaya hidupnya sangat sederhana, kalau tidak mau dibilang terlalu ngirit.

Bayangkan, dalam sehari dia membatasi diri hanya mengeluarkan 20 US Dollar (Rp180.000) saja.

Seperti diberitakan BBC, Zong memang memiliki gaya hidup yang sangat sederhana. Dia juga pria yang sangat disiplin dalam menabung.

Salah satu karyawan Wahaha ingat betul bagaimana Zong memeriksa dengan teliti tiap pengeluaran kantornya, termasuk buat pembelian sapu. Kebiasaan ngirit Zong tersebut mungkin bawaan dari masa lalunya yang hidup serbakesusahan.

Mark Zuckerberg.

Zuckerbeg jarang ganti baju

Kebiasaan hidup hemat tidak hanya monopoli para miliarder  kaya yang berumur senja. Banyak juga miliarder muda yang menjauhi gaya hidup hedonis dan rela hidup apa adanya.

Mark Zuckerberg (28), misalnya. Salah satu pendiri Facebook yang diperkirakan memiliki kekayaan 17,5 miliar US Dollar (Rp157,5 triliun) ini juga tidak hidup dalam kemewahan.

Dia pernah mengutarakan bahwa dirinya menerapkan gaya hidup sederhana dalam keseharian. Bahkan karena moto sederhana itu, dia terkesan tidak pernah ganti baju.

“Coba lihat, saya selalu memakai t-shirt abu-abu ini setiap kali dan saya bangga akan hal itu,” ungkap Zuckerberg.

Dalam memilih rumah pun dia tidak suka yang glamor. Ketika sudah kaya raya, Zuckerberg tetap memilih tinggal di rumah sewa sederhana dekat kantor Facebook, di California, AS.

Sekarang dia pindah dan membeli rumah berjarak tujuh blok dari rumah sewanya dulu. Tapi, rumah yang dibelinya itu hanya seluas 350 meter persegi dengan lima kamar tidur. Sungguh tidak pas untuk tempat tinggal seorang miliarder sekaya Zuckerberg.

Rekan Zuckerberg dalam mendirikan Facebook, Dustin Moskovitz (28) gaya hidupnya juga sederhana.

Baca Juga:   Punya nama IG Goblog, foto bule ini diserbu komentar netizen Indonesia

Meski memiliki kekayaan lebih dari 3,8 miliar US Dollar (Rp36,1 triliun), dia jarang sekali membeli pakaian dari butik-butik terkemuka. Moskovitz lebih suka membeli baju di toko swalayan.

Selain itu, dalam berkendara pun pria berambut ikal ini tidak gemar mobil sport mewah.

 

Baca Juga :

 

Hasil gambar untuk MInion logo