PD: Yahya Staquf Tak Singgung Upaya Kemerdekaan Palestina

Rekanbola – Katib Aam (Sekjen) PBNU Yahya Cholil Staquf kini bicara Palestina dalam kunjungannya ke Israel. Kadiv Advokasi dan Bantuan Hukum DPP PD Ferdinand Hutahaean mengaku tak mendengar upaya Yahya Staquf dalam membantu kemerdekaan Palestina.

“Yang saya dengar, Pak Yahya tidak menyinggung upaya kemerdekaan sama sekali di forum tersebut. Inilah yang jadi membuat masalah polemik besar,” ujar Ferdinand kepada wartawan, Jumat (15/6/2018).

Jika memang mendukung Palestina, Ferdinand memandang seharusnya Yahya Staquf tak ke Israel. Yahya Staquf diminta menolak undangan dari Israel.

“Mungkin Yahya harus tunjukkan sikapnya secara jelas mendukung Palestina dengan menolak undangan-undangan dari pihak yang mendukung Israel seperti Yahudi Amerika tersebut,” ucap Ferdinand.

Yahya bicara soal Palestina saat memberi kuliah umum di The Truman Institute di Israel pada Rabu (13/6) kemarin. Sebelum kuliah umum ini, Yahya lebih dahulu menjadi pembicara di forum American Jewish Committee (AJC) Global Forum yang dihadiri 2.400 orang. Pada forum di AJC itu, Dia tidak menyinggung soal Palestina.

Kedatangan Yahya ke Israel mendapat kecaman dari dalam dan luar negeri. Yahya sadar itu, namun memutuskan untuk fokus saja pada tujuannya, yaitu demi Palestina.

“Saya adalah muslim, saya ulama, dan saya mengabdi di jajaran kepemimpinan di salah satu organisasi muslim terbesar di Indonesia, bahkan di dunia. Anda semua bisa melihat track record dari organisasi kami dalam hal pembelaan terhadap Palestina. Jadi jelas, bahwa saya di sini untuk Palestina,” ucapnya.

 

 

(Sumber : detik.com)

Baca Juga:   Kesaksian WN Singapura lihat Hotel Mercure Palu berguncang & runtuh seketika