Pelan tapi pasti, Xiaomi mendominasi

Rekanbola.com – Xiaomi kini tak hanya jago kandang saja, pelan tapi pasti, Xiaomi mulai taklukkan pasar di luar China.

Xiaomi yang belakangan berencana melakukan IPO untuk mengumpulkan dana 100 milyar dollar AS ini, akhirnya menaklukkan Samsung sebagai merek smartphone dengan pasar terbesar di India.

Menurut data dari Canalys dan Counterpoint yang dikutip Techcrunch, India adalah pasar smartphone terbesar kedua setelah China dan ini kali pertama Xiaomi memuncaki pasar Tanah Hindustan.

Data dari dua analis tersebut menyebut bahwa Xiaomi unggul tipis dari Samsung di kuartal terakhir 2017, dengan angka 27 persen sementara Samsung 25 persen (versi Canalys), serta Xiaomi 25 persen dan Samsung 23 persen (versi Counterpoint).

Xiaomi dan Samsung sendiri mendominasi dengan besar di India. Merek seperti Oppo, Vivo, Lenovo/Motorola, masing-masing berada di angka tak lebih dari 7 persen.

Menurut analis dari Canalys, Samsung kalah saing dari Xiaomi karena kalah produk di rentang harga 15.000 Rupee atau 240 dollar, di mana rentang tersebut biasanya diisi smartphone low-end ke mid-range. Xiaomi sendiri menawarkan seri Redmi yang tak cuma bagus, namun juga terjangkau.

Sementara Counterpoint memberi analisis bahwa segmen pembeli smartphone dengan harga 150 dollar hingga 240 dollar naik pesat di India.

Fenomena ini adalah langkah pasti Xiaomi untuk menjajak berbagai pasar di dunia. bagaimana tidak, India adalah pasar smartphone terbesar kedua di dunia setelah China. China sendiri mengalami kemerosotan pasar smartphone menurut Canalys, dan kebalikannya, di berbagai belahan dunia, pasar smartphone melonjak.

Mungkin sebentar lagi, dengan strategi yang sama dengan India yakni memberi banyak seri smartphone terjangkau, Xiaomi juga akan mengambil pasar yang luas di Indonesia serta Vietnam. Hal ini tentu dapat melapangkan jalan Xiaomi pada tujuan besarnya, yakni untuk invasi ke Amerika Serikat pasca IPO berhasil.

Baca Juga:   Huawei P30 Meluncur Akhir Maret di Paris

 

Baca Juga :

Hasil gambar untuk MInion logo