Pemenang dan Pecundang Dari Transfer Thibaut Courtois ke Real Madrid
rekanbola – Real Madrid akhirnya berhasil mendapatkan kiper kelas dunia yang selama ini mereka cari. Los Blancos sudah resmi mendatangkan Thibaut Courtois dari Chelsea pada musim panas ini.Madrid sebelumnya gagal mendapatkan kiper Manchester United David De Gea setelah kepergian Iker Casillas. Setan Merah tak bersedia melepas sang kiper ke Santiago Bernabeu.

Courtois sudah punya pengalaman bermain di La Liga. Dia menghabiskan tiga musim sebagai pemain pinjaman di Atletico Madrid sebelum menggantikan Petr Cech di Chelsea.Transfer Courtois ini tentu saja akan memberikan dampak kepada pemain dan klub tertentu. Berikut ini pemenang dan pecundang dari transfer Courtois ke Real Madrid seperti dilansir Sportskeeda(skd/ada)

Pecundang: Keylor Navas

Pecundang: Keylor Navas

Keylor Navas © Real Madrid

Navas menjadi kiper utama Real Madrid selama tiga musim terakhir sejak mewarisi nomor punggung 1 dari Iker Casillas. Dengan pemain Kosta Rika itu, Madrid memenangkan satu gelar La Liga dan tiga gelar Liga Champions dalam empat musim terakhir.

Namun, Navas juga sering mendapat kritik meski mampu membawa klub meraih kesuksesan. Blundernya melawan Juventus dan Bayern Munchen di Liga Champions musim lalu mendapat banyak kritik dari berbagai pihak.

Setelah Madrid mendatangkan Courtois, Navas tidak mungkin menjadi kiper nomor satu lagi. Dia sepertinya hanya akan mendapat jatah bermain dari kompetisi piala domestik.

Navas ingin tetap bertahan di Bernabeu dan berjuang memperebutkan tempat di tim. Namun, dengan performa konsisten yang ditunjukkan Courtois sejauh ini, sulit bagi Navas untuk mendapatkan kesempatan bermain reguler.

Pecundang: Chelsea

Pecundang: Chelsea

Maurizio Sarri © AP

Chelsea harus melepas salah satu aset utama mereka dan salah satu pemain paling konsisten dalam enam tahun terakhir Thibaut Courtois. Biaya transfernya dikabarkan hanya mencapai 35 juta pounds. Chelsea gagal mendapatkan banyak uang dari penjualan Courtois karena kontraknya hanya tersisa satu tahun lagi.

Baca Juga:   Letjen Andika Perkasa Promosi Jabatan Jadi Pangkostrad

Keluarga Courtois saat ini tinggal di Madrid dan dia sudah sering menyatakan keinginannya untuk berkumpul kembali dengan mereka. Di saat yang sama, Real Madrid sedang mencari kiper kelas dunia setelah kepergian Iker Casillas. Kegagalan Chelsea memperpanjang kontrak Courtois membuat mereka tidak bisa mendapatkan banyak uang dari Madrid.

Mengingat transfer Courtois semakin mepet, Chelsea harus mengeluarkan 80 juta euro untuk kiper yang masih relatif muda dan belum punya pengalaman di Premier League Kepa Arrizabalaga dari Athletic Bilbao. Keputusan Chelsea itu cukup mengejutkan karena sebenarnya ada beberapa kiper yang lebih murah dan sudah terbukti di Premier League seperti Jack Butland dan Kasper Schmeichel.

Kepa baru bermain dua musim penuh di La Liga. Mengingat Liverpool membayar 65 juta euro untuk kiper nomor satu Brasil seperti Alisson, Chelsea dirasa membayar terlalu mahal untuk servis Arrizabalaga.

Pemenang: Kepa Arrizabalaga dan Athletic Bilbao

Pemenang: Kepa Arrizabalaga dan Athletic Bilbao

Kepa Arrizabalaga © AFP

Kepa merupakan salah satu kiper paling menjanjikan di Eropa. Dia memiliki klausul pelepasan sebesar 80 juta euro di Athletico Bilbao. Chelsea menebus klausulnya tersebut karena mereka hanya punya sedikit pilihan karena Courtois sudah sangat ingin hengkang.

Kepa hampir bergabung dengan Real Madrid pada bulan Januari dengan biaya hanya sebesar 20 juta euro. Namun, Zinedine Zidane membatalkan transfer tersebut pada saat-saat terakhir. Kepa akhirnya meneken kontrak baru di Bilbao yang disertai dengan klausul pelepasan sebesar 80 juta pounds.

Chelsea memikat Kepa dengan gaji fantastis, kontrak tujuh tahun, dan jaminan tempat utama. Bilbao juga mendapat banyak uang dari penjualan kiper yang muncul dari akademi mereka.

Pemenang: Manchester United

Pemenang: Manchester United

David De Gea © mufc

Manchester United dan Jose Mourinho akan sangat senang dengan transfer Courtois ke Real Madrid. Los Blancos selalu gagal mendatangkan kiper Spanyol David De Gea ke Santiago Bernabau selama tiga musim terakhir.

Baca Juga:   Griezmann Sudah Buat Keputusan Soal Masa Depannya

Mereka nyaris merekrutnya pada tahun 2015 tapi transfer tersebut batal karena masalah administrasi. De Gea setelah itu tetap setia di Old Trafford dan bahkan mendapatkan kontrak baru.

Meski sudah meneken kontrak baru, De Gea masih cukup sering dikaitkan dengan Madrid dan hal itu sangat mengganggu manajemen Setan Merah. Setelah Courtois pindah ke Madrid, minat juara Eropa itu kepada De Gea sepertinya sudah berakhir.

Suporter dan manajemen United sekarang sudah bisa tenang dan berharap melihat De Gea tetap berada di klub sampai pensiun.