Pemilik akun IG @medaninfo88 sebar hoaks demi tambah pengikut

Rekanbola – Ingin mendapat keuntungan menjadi motif pemilik akun instagram (IG) @medaninfo88 menyebarkan informasi hoaks. Dengan memposting kabar bohong itu dia berharap pengikutnya meningkat sehingga menarik pemasang iklan.

Pemilik akun @medaninfo88 berinisial Jw (42), warga Jalan Malaka, Kelurahan Padau Hilir, Medan Timur, Medan diamankan tim unit Pidum Satuan Reskrim Polrestabes Medan pada Selasa (25/9) malam. Dia diringkus setelah memposting video penjambretan di Penang, Malaysia, namun memberi caption peristiwa itu terjadi di Kompleks Perumahan Cemara Asri.

“Hasil monitor kita, dia (Jw) melakukannya agar akun Instagram-nya banyak pengunjung, banyak yang lihat, lalu pasang iklan,” kata Kapolrestabes Medan Kombes Pol Dadang Hartanto kepada wartawan, Jumat (28/9).

Rekaman video penjambretan itu didapat Jw dari grup Whatsapp. Namun dia tidak melakukan prosedur untuk memastikan kebenaran peristiwa itu. Dia pun mengaku meng-upload video itu agar orang yang melihatnya lebih waspada.

Berdasarkan penyelidikan Jw diduga telah berulang kali menyebarkan berita hoaks. Sebelumnya, dia pernah memposting kecap manis berisi kecoa.

“Jadi dia sudah sering melakukannya,” jelas Dadang.

Akun @medaninfo88 telah memiliki lebih dari 81.000 followers. Akun ini sudah menarik minat pengiklan. Ada yang membayar Rp 300 ribu untuk iklan yang ditayangkan. Angkanya lebih besar jika iklan itu berbentuk video. “Jadi memang pikirannya (tersangka) ini pikiran bisnis,” tandasnya.

Dalam kasus ini Jw disangka telah melanggar Pasal 45 ayat (1) UU No 19 Tahun 2016 tentang Perubahan UU No 11 Tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE). Ancaman hukumannya maksimal 6 tahun penjara,” tegasnya.

Baca Juga:   KPK Eksekusi Eks Pejabat Bakamla Nofel Hasan ke Lapas Sukamiskin