Pemilu 2019 di Turki, Belum Semua Surat Suara Tiba di Istanbul

REKANBOLA – WNI di Istanbul telah menggelar pencoblosan Pemilu 2019 pada Sabtu (13/4). Disebutkan ada 534 WNI yang menggunakan hak pilihnya di TPS KJRI Istanbul.

“Sebanyak 534 warga negara Indonesia (WNI) di Istanbul, termasuk Konjen RI Istanbul beserta staf dan keluarga, menggunakan hak suaranya dalam pesta demokrasi akbar ini,” demikian keterangan KJRI Istanbul, Minggu (14/4/2019).

“Terdapat pula beberapa turis Indonesia yang turut menggunakan hak pilihnya di Istanbul,” lanjut mereka.

Panitia Pemilihan Luar Negeri (PPLN) Istanbul menyelenggarakan Pemilu di Istanbul, Turki, sesuai dengan jadwal yang ditetapkan Komisi Pemilihan Umum (KPU). Selain itu, disebutkan ada 268 WNI yang berada di luar kota Istanbul menggunakan hak suaranya melalui pengiriman pos. Surat suara mereka telah dikirimkan PPLN Istanbul sejak 13 Maret 2019.

Dari 268 WNI yang menggunakan hak suara melalui pos, PPLN Istanbul telah menerima surat suara kembali sebanyak 169 surat suara. PPLN Istanbul masih menunggu sisa surat suara kembali hingga tanggal penghitungan suara pada 17 April 2019.

KJRI Istanbul juga mengadakan pemungutan suara melalui metode Kotak Suara Keliling (KSK). KJRI Istanbul mendatangi kota di luar Istanbul. Metode KSK telah diadakan di Kota Bursa pada tanggal 9 April 2019 dengan jumlah pemilih 123 orang.

Baca Juga:   Tahanan & istri tewas berpelukan di lapas usai tenggak sianida, polisi cek asal racun