Pemimpin Partai Berkuasa India Ditembak di Kashmir

Rekanbola Beberapa pria bersenjata tidak dikenal membunuh pemimpin Partai Bharatiya Janata (BJP), yang berkuasa di India, di negara bagian Jammu dan Kashmir, Kamis malam (1/11), mendorong pihak berwajib memberlakukan larangan keluar rumah di kawasan itu.

“Anil Parihar, 53 tahun, sekretaris BJP untuk negara bagian itu, dan saudara lelakinya, Ajit, ditembak mati di kota Kishtwar ketika pulang setelah menutup toko mereka,” kata polisi, seperti diberitakan Reuters, Jumat (2/11).

Polisi menyelidiki apakah itu serangan kelompok militan atau kejahatan, kata perwira tinggi polisi.

Anil Parihar adalah pemimpin berpengaruh di kawasan tersebut. Ia dipandang tokoh moderat dan memiliki pendukung cukup banyak, termasuk dari kalangan Islam, kata media.

Kashmir India, negara bagian berpenduduk sebagian besar Muslim, dilanda pemberontakan selama 29 tahun.

India menuding Pakistan melindungi militan anti-India tetapi Pakistan membantahnya. Pakistan seperti India, mengklaim seluruh Kashmir, menyerukan pembicaraan untuk memutuskan masa depan wilayah itu.

Pemimpin BJP di negara bagian itu memiliki dua pengawal tetapi mereka tak bersamanya saat serangan itu terjadi, kata perwira polisi Kishtwar Rajinder Gupta.

Kashmir berada di bawah langsung pemerintahan federal, yang memberi BJP mandat untuk mengendalikannya menjelang pemilihan umum yang diserukan awal tahun depan.

Menteri Dalam Negeri Federal Rajnath Singh mengatakan dia kaget dan sedih atas pembunuhan kedua bersaudara itu.

Singh mengatakan bahwa kepolisian akan menangkap dan membawa pelakunya ke pengadilan.

Baca Juga:   RAMALAN ZODIAK LIBRA 23 OKTOBER 2017

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *