Pemprov Sulsel minta Bupati jemput warganya yang jadi pengungsi bencana Gempa Palu

Rekanbola – Sekitar 1.609 pengungsi korban bencana gempa dan tsunami Sulteng akan tiba di Pelabuhan Makassar, Kamis (4/1) malam nanti. 50 Persen dari ribuan pengungsi tersebut merupakan warga asli Sulsel.

“50 Persen di antara pengungsi itu adalah warga asli Sulsel oleh karenanya Asisten 3 Pemprov Sulsel dalam Rakor tadi akan menyurati para bupati di jajaran Propinsi Sulsel untuk datang langsung menjemput para pengungsi asal daerahnya masing-masing,” kata Kabid Humas Polda Sulsel, Kombes Polisi Dicky Sondani di ruang rapat kantor Otoritas Pelabuhan Makassar, Rabu (3/10).

Rencananya, Wakapolda Sulsel, Brigjen Polisi Risyapudin Nursin bersama pejabat terkait akan menjemput kedatangan pengungsi yang bakal tiba pukul 18.00 wita yang diangkut KRI Makassar 590.

Adapun persiapan penjemputan pengungsi yang akan dilakukan, kata Dicky, akan disiapkan logistik makanan dan minuman siap saji untuk para pengungsi pada saat kapal KRI Makassar sandar di Pelabuhan Makassar.

“Dinas Kesehatan Pelabuhan Makassar akan menyiapkan alat Fisioterapy sebanyak 8 unit untuk dgunakan oleh para pengungsi. Dan dari pihak. Dinas Kesehatan akan mengkondisikan pengungsi yang sakit agar segera mendapatkan penanganan yang lebih intensif,” beber Dicky.

Dicky menuturkan pemerintah propinsi Sulsel akan siapkan 10 Bus damri dan 8 bus Pemkot serta 8 unit ambulance yang juga akan digunakan untuk mengangkut para pengungsi.

“KRI Makassar hanya akan menggunakan waktu 2 jam untuk giat penurunan penumpang di pangkalan Soekarno dan akan bergeser ke Pangkalan Hatta untuk standby menunggu perintah selanjutnya,” jelas Dicky.

Dalam rapat koordinasi terkait pengungsi tersebut antara lain hadir dalam rakor tersebut, Wakapolda Sulsel, Brigjen Polisi Risyapudin Nursin, Karo Ops Polda Sulsel, Kombes Polisi Stephen Napiun dan Direktur Polair Polda Sulsel, Kombes Polisi Purwoko Yudianto. Juga ada Kepala Syahbandar Pelabuhan Makassar, Victor Vikki Subroto, Kepala Otoritas Pelabuhan Makassar, Rahmatullah dan Asisten 3 Pemprop Sulsel, Ruslan Abu.

Baca Juga:   Bantah PAN, Golkar Pastikan Tetap Dukung Jokowi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *