Pemudik dari Pulau Bali ke Jawa Masih 40 Persen

REKANBOLA – Lonjakan penumpang di Pelabuhan ASDP Ketapang dari Pelabuhan Gilimanuk, Bali terus meningkat. Meski begitu, pemudik yang menyeberang di Selat Bali masih 40 persen.

PT ASDP Indonesia Ferry selaku pengelola Pelabuhan Ketapang-Gilimanuk terus mengantisipasi lonjakan pemudik dari Bali menuju Jawa.

Menurut Direktur Perencanaan dan Pengembangan PT ASDP Indonesia Ferry, Christine Hutabarat, angka pemudik orang maupun kendaraan yang terangkut sampai H-4 baru sekitar 40 persen. Sisa 60 persen itu diperkirakan akan terdistribusi pada H-4 sampai H-2.

“Untuk kendaraan roda dua sekitar 25 ribu lagi. Karena yang belum terangkut tersangkut masih 50 ribu unit. Mungkin hari ini atau besok. Sedangkan roda empat yang belum terdistribusi masih 25 ribu unit lagi,” beber Christine kepada detikcom saat dikonfirmasi, Minggu (2/6/2019).

Guna mengantisipasi kepadatan kendaraan pemudik, PT ASDP sedang mendatangkan satu kapal lagi untuk membantu mengurai antrean. Kapal yang bakal melayani trip Ketapang-Gilimanuk itu adalah KMP Derajat Paciran.

“Derajat Paciran diprediksi akan tiba di Ketapang pada Minggu (2/1/2019) malam untuk membantu mengurangi kepadatan,” tambahnya.

Sementara untuk melayani pemudik, BUMN yang bergerak dibidang transportasi laut ini mengedepankan koordinasi bersama TNI, Polri, Syahbandar, BMKG, serta unsur lain. PT ASDP bahkan telah menambah beberapa fasilitas penunjang demi kenyamanan penumpang.

“Tidak hanya menyeberangkan, tapi bagaimana caranya agar penumpang tersenyum. Kira – kira itu misi utama kita,” tandas Christine.

Baca Juga:   15 Kali Letusan Anak Krakatau Terpantau Sepanjang Jumat