Penjualan Daihatsu-Mitsubishi Kejar-kejaran

REKANBOLA – Data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia memperlihatkan performa penjualan kendaraan roda empat di Tanah Air. Setidaknya ada beragam mobil yang ditawarkan, mulai dari sedan, SUV, MPV, hingga truk dari 29 jenama otomotif.

Persaingan antarpuluhan merek ini jelas membuat pasar otomotif semakin beragam. Meski demikian, data memperlihatkan merek-merek Jepang masih mendominasi penjualan produk otomotif. Data Gaikindo yang sudah diolah Astra Group memperlihatkan merek Toyota masih mendominasi penjualan mobil di Indonesia.

Selama Agustus 2018, tercatat merek Toyota menjual 31.268 unit kendaraan di pasar otomotif domestik. Posisi dua diduduki oleh Daihatsu dengan pencapaian penjualan 17.510 unit. Angka ini sekaligus membuat penjualan Daihatsu lebih tinggi dari merek Mitsubishi.

Padahal sebelumnya, Mitsubishi merangsek ke posisi dua menyalip Daihatsu.

Mitsubishi, masih berdasarkan data penjualan Astra Group, per Agustus tercatat melakukan penjualan sebanyak 17.139 unit. Ini merupakan angka total dari Mitsubishi Motors (mobil penumpang) sebanyak 13.284 unit dan Mitsubishi Fuso (mobil niaga) 3.855 unit.

Sementara untuk merek otomotif lainnya, seperti Honda meraih penjualan 14.862 unit, merek Suzuki 10.764 unit, dan merek Nissan 85 unit. Untuk produk otomotif dari Astra Group lainnya, Isuzu 2.606 unit dan Peugeot 10 unit.

 

Baca Juga:   OPPO rilis F7 Youth, berapa harganya?