Penjualan iPhone XS dan XS Max Belum Lampaui iPhone 6

REKANBOLA – Meski optimistis akan laris manis, kenyataannya iPhone XS dan iPhone XS Max yang dirilis pertengahan September ini belum dapat melampaui angka penjualan iPhone generasi sebelumnya.

Duo iPhone baru itu masih sedikit peminat ketimbang iPhone 6 dalam periode waktu yang sama.

Hal ini terungkap dari seorang sumber yang tak ingin disebutkan identitasnya. Bahkan menurut sumber tersebut, permintaan pasar untuk seri iPhone XS akan semakin melambat pada akhir tahun 2018.

“Jika penjualan iPhone XS dan XS Max melambat dan penjualannya tidak seperti yang diharapkan, Apple dapat mengurangi secara signifikan jumlah yang diproduksi. Ini sama seperti yang dilakukan pada iPhone 6s dan iPhone 7,” kata sumber tersebut.

Ia menambahkan minimnya angka penjualan ini disebabkan harga jual iPhone XS dan iPhone XS Max yang terlampau tinggi tapi tidak diiringi dengan peningkatan spesifikasi. Ini menyebabkan calon konsumen berpikir ulang untuk membeli dua perangkat ini.

Dikutip KompasTekno dari Digitimes, Jumat (28/9/2018), kondisi serupa juga dialami pada seri iPhone XR. Alih-alih menjadi varian termurah, kinerja ponsel iPhone XR dianggap tidak setara dengan harga yang dibanderol.

Bahkan menurut sumber, penjualan ponsel ini bakal tidak seagresif ponsel flagship Android.

“Pembuat rantai pasokan yang telah melakukan investasi besar untuk meningkatkan fasilitas demi mengamankan jumlah pesanan dari Apple, dapat menanggung risiko penjualan yang mengecewakan dari iPhone terbaru ini,” kata sumber tersebut.

Selain itu, adanya perang dagang antara AS dan China juga dapat memperburuk kondisi penjualan iPhone ini. Meski Apple telah memberi slot SIM ganda untuk iPhone yang dijual di China, fitur ini diprediksi tidak akan cukup membantu meningkatkan angka penjualan.

Baca Juga:   Google Blokir Penambang Bitcoin dari Play Store

Kendati demikian kondisi ini belum bisa menjadi tolok ukur untuk penjualan trio iPhone 2018 ke depannya. Pasalnya periode penjualan ketiga iPhone saat ini terbilang masih cukup singkat apalagi ketiga iPhone ini baru dirilis secara global pada 21 September kemarin.

Namun bukan berarti Apple bisa bersantai dengan kondisi ini. Apple harus segera bertindak untuk mengembalikan kondisi permintaan pasar seperti ketika mereka merilis iPhone 6 beberapa tahun lalu.