Pentingnya Dana Darurat dan Berapa Nominal yang Dibutuhkan Untuk Milenial

REKANBOLA – Dana darurat sering kali dilupakan oleh sebagian besar milenial. Padahal, perannya begitu besar untuk menjaga keuangan tetap stabil saat terjadi hal yang tidak diinginkan di masa depan. Ini lho pentingnya dana darurat buat milenial dan berapa nominal yang perlu dikumpulkan.

Biarpun telah menjaga kesehatan dan berhati-hati di perjalanan, sakit dan kecelakaan adalah kejadian mendadak yang tidak bisa diprediksi. Saat sudah terjadi, pastinya membutuhkan biaya pengobatan serta perawatan di rumah sakit.

Selain biaya yang tidak sedikit, sebagian orang juga harus sejenak berhenti untuk bekerja karena harus beristirahat. Kondisi ini membuat seseorang membutuhkan dana darurat. Jika hal ini terjadi, apakah sudah siap dengan dana yang bisa digunakan kapan saja?

Memperbaiki Aset

(c) shutterstock

Saat membeli sebuah aset, pernah nggak sih untuk memiliki biaya perawatan atau perbaikan yang harus di keluarkan nantinya? Hal ini sering kali tidak diperhitungkan oleh sebagian besar milenial. Motor dan mobil tiba-tiba butuh perbaikan, rumah yang membutuhkan renovasi hingga gadget yang rusak adalah beberapa hal yang membutuhkan dana darurat juga. Fungsi dana darurat sendiri adalah untuk menjaga keuangan tetap stabil biarpun terjadi hal yang tidak terduga.

Kehilangan Pekerjaan

(c) shutterstock

Apapun profesi yang sedang dijalani sekarang, pernah berpikir nggak jika suatu saat nanti bakalan kehilangan pekerjaan tersebut. Misalnya pebisnis yang tiba-tiba bangkrut atau karyawan yang di PHK. Dana darurat memiliki peran yang sangat penting jika kejadian tidak terduga ini terjadi. Pasalnya, masih bias bertahan beberapa bulan tanpa penghasilan sambil mencari pekerjaan atau membangun bisnis yang baru.

Nominal Dana Darurat yang Diperlukan Milenial

(c) shutterstock

Jika dana darurat begitu penting, berapa nominal yang perlu disiapkan? Setiap orang tentu punya kebutuhan dana darurat yang berbeda, berdasarkan gaya hidup, tanggungan, pengeluaran bulanan dan penghasilan yang dimiliki. Idealnya bagi seorang lajang perlu memiliki 6 kali pengeluaran bulanan. Menikah tidak punya anak perlu menyiapkan 9 kali pengeluaran bulanan. Lalu, bagi milenial yang sudah menikah dan punya anak minimal memiliki 12 kali pengeluaran bulanan.

Baca Juga:   Mobil Listrik Makin Populer, Banyak Orang Kehilangan Pekerjaan

Jumlah dana darurat yang diperlukan memang tidak sedikit. Itulah mengapa perlu banget menabung dana darurat sedini mungkin. Dana Darurat sendiri bisa dipersiapkan dalam berbagai bentuk. Tidak selalu dalam bentuk fresh money, bisa juga berupa emas batangan atau perhiasan yang harganya cenderung naik. Apakah menabung emas itu aman dan nggak bikin repot? Perlu banget kenalan dulu dengan Treasury.

Treasury merupakan sebuah platform untuk Beli, Simpan, Jual dan Cetak Emas dengan cara yang Aman dan Mudah. Kamu dapat mempersiapkan dana darurat dengan membeli Emas di Treasury, mulai dari Rp 20.000,-. Kamu juga bisa membeli Emas dengan harga terbaik, karena cuma di Treasury harga Emas diperbaharui setiap menit.

Emas yang telah Kamu simpan di Treasury juga bisa dicetak, dengan satuan terkecil mulai dari 0,5 gram. Treasury memberikan akses dan kemudahan untuk memiliki dana darurat, karena semua transaksi bisa dilakukan melalui aplikasi. Saat membutuhkan dana segar, yang perlu dilakukan hanya Jual Emas dan uang akan diterima dalam 2×24 jam.

Treasury telah terdaftar sebagai anggota AFTECH (Asosiasi Fintech Indonesia), sebuah organisasi yang memayungi perusahaan keuangan yang memaksimalkan peran digital dalam bisnisnya. Keanggotaan AFTECH juga merupakan salah satu persyaratan untuk bisa mencatatkan diri di OJK (Otoritas Jasa Keuangan). Lebih dari itu, Treasury bermitra dengan UBS (Untung Bersama Sejahtera) sebagai penyedia emas yang ditransaksikan.

Dengan memilih emas sebagai instrument dana darurat, kamu akan merasakan lebih aman sehingga hidup makin tenang. Klik di sini supaya Kamu bisa dapet Emas GRATIS dan memulai #PunyaSimpenan Emas di Treasury! [ayu]