Penyebab Bau Hangus saat Mesin Mobil Baru Dinyalakan

REKANBOLA – Sebelum digunakan jalan, biasanya dalam waktu singkat pemilik mobil akan menyalakan mesin terlebih dahulu.

Tapi suasana akan berubah, jika dalam proses pemanasan mobil tiba-tiba muncul bau hangus dari ruang mesin tanpa keluar asap.

Lantas, apa yang terjadi? Diler Technical Support PT Toyota Astra Motor, Didi Ahadi mengatakan, faktor yang menyebabkan bau hangus dari ruang mesin itu beragam.

Ada baiknya, perhatikan terlebih dahulu bau hangus tersebut muncul dari ruang mesin saat baru dinyalakan, atau sudah beberapa menit kemudian.

“Komponen yang cepat panas saat mesin dinyalakan itu manifold. Jadi, coba periksa daerah manifold apakah ada benda yang tertinggal seperti lap bekas cucian, atau ada tetesan dari kebocoran mesin,” ujarnya kepada VIVA, Minggu 16 September 2018.

Dia mengatakan, jika ada kebocoran mesin yang membuat oli menetes ke manifold atau air radiator tentu akan menguap dan menimbulkan bau hangus. Selain itu, perhatikan terlebih dahulu bau tersebut muncul setelah AC dinyalakan atau sebelum AC menyala.

“Kalau bau hangus itu muncul setelah AC menyala, jika dipersempit pandangannya, bisa saja dari magnetic clutch, ekstra fan atau komponen pendingin lainnya bermasalah,” tuturnya.

Hal senada disampaikan servis advisor dari bengkel Honda, Ali. Dia mengatakan, munculnya bau bisa disebabkan dari kebocoran salah satu komponen. Tapi ketika AC dinyalakan timbul bau hangus yang kemungkinan besar datang dari magnetic clutch yang bermasalah.

Baca Juga:   Candi Borobudur Sambut Rombongan Touring 5.500 Km Yamaha Maxi