Peran DPR Majukan Pariwisata dalam Tujuh Komponen Sapta Pesona

Rekanbola – Wakil Ketua Komisi X DPR RI Hetifah Sjaifudian mengapresiasi pemerintah Kota Balikpapan, Provinsi Kalimantan Timur, yang menyelenggarakan kegiatan Gerakan Sadar Wisata dan Aksi Sapta Pesona di Pantai Manggar, Sabtu 26 Agustus 2018 dengan melibatkan 150 orang.

Menurutnya, pariwisata merupakan salah satu sektor yang prioritas dan unggulan. Sehingga, investasi yang kecil di pariwisata akan menciptakan lapangan kerja dan nilai tambahnya sangat besar.

“Ini merupakan kegiatan yang baik dalam menjaga objek wisata yang ada di Balikpapan. Oleh karena itu, kita harus dorong kemajuan pariwisata seperti kegiatan ini,” tegas Hetifah, dalam rilisnya Senin 27 Agustus 2018.

Politisi Partai Golkar itu menjelaskan, untuk terus mendukung memajukan sektor pariwisata, DPR RI berperan dalam tujuh komponen Sapta Pesona yaitu aman, tertib, bersih, sejuk, indah, ramah, dan kenangan. Aspek keamanan diantaranya adalah aman dari kekerasan, aman dari penyakit, aman dari ketidaknyamanan.

“Kalau semua diterapkan dengan baik, maka saya yakin pariwisata kita akan berkembang lebih maju,” pungkas politisi dapil Kalimantan Timur dan Kalimantan Utara itu.

Dalam kesempatan yang sama, Asisten II Pemkot Balikpapan Diah Murniyati menjelaskan rasa bahagia dan bangga atas kegiatan ini, karena langsung melibatkan masyarakat ke dalam aksi pariwisata. “Peran pembangunan pariwisata bukan hanya tugas pemerintah, tetapi justru peran serta masyarakat sangat penting,” jelasnya.

Hal senada juga disampaikan Kabid Pengembangan Masyarakat Pariwisata Kementerian Pariwisata Hidayat yang menjelaskan, pariwisata tidak akan bisa berjalan dengan baik, jika tidak ada unsur yang mendukung. Ia menyebutnya unsur penta helix, yang kesemuanya harus bekerjasama. “Penta helix terdiri dari unsur akademisi, pemerintah pusat dan daerah, komunitas, media,” katanya.

Baca Juga:   Kivlan Zein Masih Bela HTI, GP Ansor Ingatkan Bisa Jadi PKI Masa Kini

Acara yang digelar Kementerian Pariwisata bekerjasama dengan Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata Kota Balikpapan itu dibuka oleh Asisten II Pemkot Balikpapan Diah Murniyati. Acara ini juga menghadirkan narasumber Wakil Ketua Komisi X DPR RI Hetifah Sjaifudian, Kabid Pengembangan Masyarakat Pariwisata Kemenpar Hidayat, dan Kabid Olahraga Kadisporapar Balikpapan Abdul Majid.