Peran Roger Federer di Balik Kejayaan Simona Halep Juarai Wimbledon

REKANBOLASimona Halep berterima kasih kepada Roger Federer atas nasihatnya sebelum final Wimbledon 2019 melawan Serena Williams, Sabtu (13/7/2019) malam. Dia mengatakan kata-kata Federer membuatnya meyakini bahwa kemenangan di Wimbledon bukan sesuatu yang mustahil.

Ini gelar pertama Halep di ajang Wimbledon, atau meraih gelar grand slam untuk kali kedua setelah Prancis Terbuka 2019. Titel bergengsi tersebut masuk genggamannya setelah mengalahkan Serena Williams 6-2, 6-2.

Dia hanya butuh kurang dari sejam saat melibas Serena Williams. Menjelang final, Federer diminta oleh media untuk memberikan saran kepada Halep. Petenis Swiss itu meminta Halpe dengan bermain dengan mentalitas juara. Federer meyakini Halep sudah layak berada di level tinggi tersebut.

Setelah melibas Williams, Halep mengaku membaca kata-kata Federer tersebut dan terinspirasi.

“Saya membaca apa yang dia katakan. Saya berterima kasih kepadanya. Dia sangat baik. Kata-katanya membuat saya gembira,” kata Halep.

“Saya juga meyakini ada kesempatan setelah mendengar apa yang dikatakannya. Jika Anda mendengarkan dia, maka Anda mendapatkan hal-hal bagus. Jadi, saya melakukannya,” tegas Simona Halep.

Menjadi Diri Sendiri

Seperti apa saran lengkap dari Federer untuk Halep? Saran tersebut diucapkan Federer setelah mengalahkan Rafael Nadal di semifinal.

“Berusaha lah memenanginya. Ya, kamu harus memiliki mental juara, bukankah begitu? Jangan sampai sudah senang hanya sampai di final dan akan ketemu Serena, jadi tak ada peluang,” kata Federer.

“Kamu harus punya mental juara dan bilang ‘saya layak ada di sini, saya belajar di sini, saya telah bermain hebat di sini.’ Anda lolos ke final karena bermain biasa-biasa saja. Beberapa orang mungkin melakukan seperti, tapi normalnya Anda merasakan bola dengan baik. Dia harus menjadi dirinya sendiri dan menikmatinya. Tapi, itu baru datang setelah Anda menang.”

Baca Juga:   Peran Baru Kimmich di Timnas Jerman

“Anda harus berkonsentrasi penuh, jangan membiarkan momen besar pergi. Hal terbaik dia pernah memenangi grand slam. Dia tahu bagaimana melakukannya. Itu hebat,” sambung Federer.