Perayaan 100 Tahun Bauhaus Digelar Mulai Januari

Rekanbola – Walau hanya beroperasi selama 14 tahun, sekolah seni dan desain di Jerman, Bauhaus, banyak menyumbang ide untuk kekayaan seni budaya dunia.

Lulusannya banyak yang menggoreskan karya dalam berbagai bidang, terutama arsitektur.

Sekolah Bauhaus didirikan oleh Walter Gropius di Dessau pada tahun 1919 namun diruntuhkan oleh tentara Nazi pada tahun 1933.

Tahun ini Sekolah Bauhaus tepat berusia 100 tahun. Dalam ulang tahunnya kali ini, para lulusannya kompak mengadakan acara yang memiliki semangat perayaan ide-ide modern Bauhaus.

Tak cuma di Jerman, seperti yang dikutip dari Lonely Planet pada Rabu (2/12), perayaan serupa juga akan digelar di Brasil, Rusia, Jepang, Amerika Serikat dan sejumlah negara lainnya.

Di Jerman sendiri akan ada Opening Festival yang berlokasi di Akademie der Künste pada 16-24 Januari 2019.

Selain sesi diskusi ada juga pameran karya-karya lulusan Sekolah Bauhaus yang populer di dunia.

Turis pecinta arsitektur yang ingin napak tilas ke lokasi-lokasi dengan rancangan Bauhaus, bisa mengikuti tur Grand Tour of Modernism yang bakal mampir ke Berlin, Dresden, Stuttgart, Bernau dan lainnya.

Bukan cuma terlihat megah, bangunan-bangunan yang diciptakan juga memiliki banyak fungsi untuk memudahkan hidup penghuninya.

Tahun ini juga bakal dibangun tiga museum baru untuk menghargai ide-ide cemerlang lulusan Bauhaus, tepatnya di Weimar, Dessau dan Berlin.

Bauhaus Museum Weimar akan dibuka pada 6 April dan Bauhaus Museum Sessay pada 8 September.

Sementara museum Bauhaus di Berlin aka dibuka pada tahun 2022.

Bagi yang ingin mengetahui lebih lanjut mengenai info perayaan 100 tahun Sekolah Bauhaus, bisa mengunjungi situs www.bauhaus100.com

Baca Juga:   AS Roma vs Inter Milan, VAR Kembali Jadi Sorotan