Perbaharui NFC, iPhone Bisa Digunakan Buat Buka Pintu & Mobil

Rekanbola – iPhone yang merupakan ponsel pintar milik Apple dikabarkan sedang melakukan pembaruan (upgrade) perangkat NFC (near-field communication) yang dilengkapi dengan chip untuk dapat membuka pintu rumah, kamar hotel hingga mobil.

Chip NFC yang saat ini dimiliki oleh iPhone 6 ke atas, sudah dapat digunakan untuk pertukaran informasi tanpa kontak (contactless) dan memungkinkan Apple Pay membayar barang belanjaan di sebuah toko dengan mendekatkan ponsel tersebut ke mesin pembaca kartu kredit.

Untuk itu, Apple sedang memperluas kemampuan chip NFC miliknya agar dapat berinteraksi menjadi kunci pintar (smart locks), membangun sistem keamanan, kendaraan bahkan sebagai fasilitas pembayaran transit massal (mass transit payment).

Perusahaan saat ini sudah memiliki karyawan yang menggunakan iPhone mereka untuk membuka Cupertino Campus yang baru di California, AS. Selain itu, beberapa kunci pintar telah digunakan dengan menggunakan Bluetooth, namun NFC dianggap lebih aman karena menyimpan data senditif pada chip yang dapat mengisolasi isinya dari sistemoperasi.

Dilansir dari The Next Web, Apple mulai bekerja untuk meningkatkan fungsi dari chip NFC tersebut dengan memasukkan kerangka CoreNFC yang belum lengkap sepenuhnya di iOS 11. Namun, hal tersebut hanya bisa dipakai untuk memindai tag RFID saat ini.

Jika informasi yang dikabarkan tersebut akurat, kemungkinan besar Apple akan membuka API untuk memungkinkan aplikasi pihak ketiga dalam pemakaian chip tersebut. Dimungkinkan chip tersebut juga dapat dipakai untuk membayar tiket kereta bawah tanah serta meniru (emulating) kartu transit.

Hal tersebut juga dapat mengejar ketertinggalan Apple dari pembuat ponsel android yang sudah membuat solusi tanpa kontak (contactless solutions) melalui perangkat Samsung dan Google yang dapat mengakses bangunan dan ruangan yang memiliki pengaman dengan bantuan NFC.

Baca Juga:   Smartphone Anyar Jadi Jurus Xiaomi Tembus Pasar AS

 

(Sumber : cnbcindonesia.com)