Perhatikan, 6 Kebiasaan Sepele Ini Bikin Anda Susah Jadi Orang Kaya!

Rekanbola – Siapa bilang orang kaya tak akan habis kekayaannya? Tak sedikit contoh orang kaya yang tiba-tiba jatuh miskin. Persoalannya sepele sebetulnya, yaitu hanya karena suka menghambur-hamburkan uangnya tanpa pertimbangan.

Perilaku konsumtif mereka itulah yang sedikit demi sedikit menggerogoti harta kekayaannya, hingga tak sadar semuanya ludes tak bersisa. Nah, jika mereka yang sudah kaya saja bisa jatuh miskin, bagaimana dengan Anda yang hanya berpenghasilan pas-pasan?

Jika tak ingin jatuh ke lubang yang sama seperti mereka, ada baiknya memang untuk menghindari perilaku konsumtif dan boros seperti itu. Bahkan hal-hal yang terlihat sepele dan menjadi kebiasaan sehari-hari serta kerap terabaikan, pun bisa jadi penyebabnya.

berikut perilaku sehari-hari yang terkesan sepele, namun tanpa disadari ternyata bisa bikin Anda susah jadi orang kaya.

1. Belanja Berlebihan dan Tak Menghabiskan Makanan

Siapa pun butuh makanan. Maka, jika menyangkut soal makanan, janganlah berlaku boros. Pernahkah Anda memasak, tapi kemudian tak habis dimakan dan lantas dibuang? Atau seberapa sering Anda belanja makanan secara berlebihan? Belum lagi sayur-mayur dan lauk di lemari pendingin yang dibiarkan begitu saja, kemudian busuk dan berakhir di tempat sampah.

Awalnya mungkin Anda tak merasa bersalah. Tapi jika dilakukan rutin, coba bayangkan berapa uang yang telah terbuang sia-sia?

Belanja banyak sekaligus memang lebih irit, tetapi ketahui batasannya. Jangan sampai berlebihan hingga apa yang sudah terbeli tak digunakan, lantas akhirnya sia-sia. Lebih baik ubah pola konsumsi Anda, dan jika dirasa berlebihan, berikanlah kepada orang lain ketika makanan masih layak.

2. Ke Supermarket atau Pasar Hampir Tiap Hari

Memilih belanja tiap hari memang terasa lebih praktis dan mudah. Tapi, tahukah Anda bahwa cara ini ternyata justru lebih boros? Apalagi belanja di pengecer, di mana harganya pasti jauh lebih mahal yang membuat pengeluaran membengkak.

Baca Juga:   10 Kalimat yang wajib di waspadai

Cobalah mampir ke toko grosir dan belanja dalam jumlah sesuai kebutuhan untuk sebulan. Biasanya harganya jauh lebih murah. Pilih juga barang kebutuhan yang sifatnya awet dan tahan lama, supaya lebih hemat.

3. Membuang-buang Listrik

Mungkin nasihat orangtua untuk mematikan lampu ketika tak digunakan dianggap hal yang remeh dan tidak penting. Saat Anda hidup bersama orangtua, mungkin tagihan listrik tak perlu dipikirkan. Tetapi jika sudah tinggal sendiri, hal itu akan mulai terasa.

Maka, jangan suka menyepelekan hal kecil, termasuk soal penggunaan listrik di rumah. Jika memang sudah tak lagi digunakan, maka matikanlah alat yang menggunakan listrik itu. Ini jauh lebih baik. Jika tiba-tiba tagihan listrik bulanan melonjak, coba lihat penggunaannya, dan sebisa mungkin kurangi yang tidak perlu.

4. Malas Naik Kendaraan Umum dan Berjalan Kaki

Ada masanya memilih kendaraan pribadi jauh lebih aman, misalnya ketika bepergian ke luar kota bersama keluarga. Tapi jika hanya untuk ke tempat yang jaraknya tak terlalu jauh, ini jelas tak efisien.

Tentu dengan menggunakan kendaraan pribadi dan malas berjalan kaki hanya untuk pergi ke suatu tempat yang mudah dijangkau, Anda akan mengeluarkan uang lebih untuk membeli bensin. Belum lagi untuk uang parkirnya.

Cobalah naik transportasi umum, karena dengannya Anda bisa lebih irit uang bensin dan parkir. Lagi pula, Anda akan lebih sehat bila memilih berjalan kaki ke tempat yang mudah dijangkau.

5. Lebih Pilih Membiasakan Diri untuk Merokok

Siapa bilang merokok hanya membahayakan kesehatan tubuh saja? Tak sadarkah Anda bahwa merokok juga bisa membahayakan isi dompet? Coba ingat lagi, berapa banyak uang yang Anda habiskan hanya untuk sebatang rokok?

Baca Juga:   Ma'ruf Amin Sarankan SBY Lapor ke Polisi

Jika tak sayang pada kesehatan Anda, setidaknya sadarlah berapa banyak uang yang terbakar hangus sia-sia. Haruskah nikmat rokok yang hanya sesaat itu, ditebus dengan kesehatan tubuh sekaligus juga kondisi keuangan Anda? Cobalah renungkan hal itu baik-baik.

6. Sering Nongkrong di Kafe dan Resto

Sah-sah saja untuk kongko atau nongkrong di kafe dan resto bersama teman-teman. Asalkan hal itu dilakukan hanya sesekali waktu, bukan setiap hari.

Tentu saja, jika Anda tetap nekat sering kongko di kafe maupun resto, siap-siap saja keuangan jadi berantakan. Kita tahu sendiri berapa harga secangkir kopi atau sepotong biskuit maupun makanan lainnya, di tempat-tempat seperti ini, bukan?

Jangan Remehkan Hal Sepele

Jika dipikir-pikir, semua hal tersebut memang sepele dan sudah pasti banyak orang tahu. Tetapi jika sudah mulai menganggapnya remeh, maka inilah yang berbahaya.

Pasalnya, sekali saja Anda merasa hal itu tak masalah, maka akan jadi kebiasaan yang dapat mengacaukan isi dompet dan tabungan. Untuk itu, mulailah dari menjauhi hal-hal kecil tersebut dulu. Jangan sampai satu kebiasaan buruk merusak segalanya.