Perjalanan Hidup Oprah, Superwoman Berharta Rp 42 Triliun

Rekanbola – Nama Oprah Winfrey melambung lewat acara bincang-bincang, alias talk show ‘The Oprah Winfrey Show’ yang dipandu langsung olehnya. Sukses sebagai selebriti tak membuat langkahnya terhenti. Dia, kini memiliki kerajaan bisnis di industri media.

Di balik kesuksesannya kini, Oprah menjalani masa kecilnya yang sulit. Dia lahir dari seorang ibu remaja di pedesaan Mississippi, Amerika Serikat (AS), tepatnya pada tahun 1954.

Oprah dibesarkan di Nashville, Tennessee, dan memulai karirnya di bidang penyiaran pada usia 17 tahun di stasiun radio WVOL. Karirnya bisa dibilang melejit dengan cepat.

Pada usia 19 tahun, ia mulai membawakan acara berita di WTFV-TV, sekaligus menjadi wanita Afrika-Amerika pertama dan termuda yang pernah melakukannya.

Pada tahun 1976 ia pindah ke Baltimore, di mana dia ikut bersama WJZ-TV, Six O’Clock News. Kemudian dia menjadi pembawa acara bincang-bincang Local Are Talking.

Karirnya terus melejit, dan pada 1984, Oprah pindah ke Chicago untuk menjadi tuan rumah di acara bincang-bincang AM Chicago. Dalam waktu setahun, acara yang dia pandu itu diubah menjadi The Oprah Winfrey Show.

Berselang setahun, acara talkshow yang dia pandu mendapatkan rating tertinggi dalam sejarah TV. Alhasil dia berhasil memenangkan lusinan Penghargaan Emmy. Talkshow tersebut tercatat telah dilihat sekitar 30 juta pemirsa per minggu di AS dan disiarkan secara internasional di 111 negara.

Tidak merasa puas dengan capaian tersebut, Oprah mendirikan fasilitas produksi siaran televisi dan film sendiri pada 1988, Harpo Studios. Dan kini telah berkembang menjadi Harpo, Inc yang mempekerjakan sekitar 250 staf.

Pada tahun 1990, ia mendirikan Harpo Films untuk mengerjakan proyek perfilman berdasarkan literatur kontemporer dan klasik. Harpo juga memiliki kesepakatan jangka panjang dengan ABC untuk menghasilkan telefilms ‘Oprah Winfrey Presents’.

Baca Juga:   10 Daftar Perempuan Paling Dikagumi di Indonesia

Lalu di tahun 2000, Oprah meluncurkan O, The Oprah Magazine bermitra dengan Hearst Magazines, majalah bulanan yang telah menjadi salah satu publikasi gaya hidup wanita teratas saat ini. Kemudian pada 2004 dia meluncurkan O at Home, sebuah majalah desain rumah musiman.

Oprah juga membuat situs web dengan total 13 juta pengguna per bulan dan menghasilkan 75 juta tampilan halaman, Oprah.com. Situs web tersebut adalah salah satu situs web gaya hidup wanita teratas.

Sukses sebagai pengusaha, Oprah tak lupa diri karena pada 1987 dia juga mendirikan The Oprah Winfrey Foundation untuk membantu pendidikan dan pemberdayaan wanita, anak-anak, dan keluarga di AS dan di seluruh dunia. Badan amal tersebut telah memberikan jutaan dolar kepada organisasi di seluruh dunia untuk meningkatkan pendidikan dan perawatan kesehatan.

Pada tahun 1997 ia mendirikan Oprah Angel Network untuk menginspirasi orang-orang untuk mengajak masyarakat berani melakukan hal berbeda. Sejauh ini kelompok itu telah mengumpulkan US$ 80 juta. Dana tersebut terkumpul dari donasi penonton dan beberapa kontributor selebriti.

Yang menarik, di balik kesuksesannya sebagai pengusaha, Oprah tak pernah menganggap dirinya sebagai pengusaha. Tapi setidaknya, kini dia telah mengantongi kekayaan US$ 2,9 miliar atau setara Rp 42 triliun (kurs Rp 14.500).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *