Perluas Pasar, Toyota dan Suzuki Sepakat Berbagi Produksi Mobil

RekanBola – Dua raksasa otomotif asal Jepang, Toyota Motor Corp dan Suzuki Motor Corp, sepakat untuk memproduksi mobil satu sama lain di India. Kerjasama ini dilakukan untuk meningkatkan pangsa pasar Toyota, di pasar mobil penumpang terbesar kelima di dunia tersebut.

Melansir Reuters, ditulis Selasa (3/4/2018), kesepakatan ini juga mencakup divisi research and development (R&D). Hal tersebut, juga untuk mengamankan Toyota dari saingannya yang lebih kecil yang menguasai pasar India dengan mobil kompak harga terjangkau.

Untuk modelnya, Suzuki akan memasok Baleno bermesin bensin dan hibrida, dan juga SUV kompak Vitara Brezza ke Toyota.

Sementara untuk Toyota, bakal memasok Corolla bermesin bensin dan juga hibrida ke Suzuki.

“India adalah pasar yang buruk buat track record Toyota yang dinyatakan kuat untuk menembus pasar negara berkembang,” jelas janet lewis, kepala Penelitian Transportasi Asia di Macquarie Securities.

“Dengan menjual rebadged dari Baleno dan Vitara yang sedikit berubah, Toyota dapat meningkatkan jaringan distribusinya dan bergerak lebih ke arah perluasan pangsa pasarnya,” tambahnya.

Untuk proses manufaktur akan dimulai pada pertengahan 2019.

 Berdasarkan kesepakatan tersebut juga, kendaraan yang dibuat Suzuki akan berganti nama dengan Toyota. Sedangkan untuk kendaraan Toyota juga akan menggunakan lencana Suzuki.Sementara itu, keduanya masih belum mau memberikan informasi terkait jumlah produksi. Namun, dilaporkan harian bisnis Nikkei, Toyota akan memasok sekitar 10 ribu kendaraan ke Suzuki, dan Suzuki akan memproduksi hingga 50 ribu unit per tahun untuk Toyota.

(Sumber : Liputan6.com)

Baca Juga :

Baca Juga:   Indonesia Bakal Jadi Pemasok Mobil Ikonik untuk Pasar Dunia