Permainan Madrid Dikritik, Lopetegui: Yang Penting Menang

Rekanbola – Pelatih Real Madrid, Julen Lopetegui tak mau berdalih soal permainan timnya yang dinilai pragmatis. Dewasa ini, gaya bermain Madrid dianggap tak lagi semenarik era Zinedine Zidane. Lopetegui dinilai gagal memaksimalkan potensi para pemain Madrid.

Beberapa pekan lalu, Lopetegui ditunjuk sebagai pelatih anyar Madrid untuk menggantikan Zidane. Mewarisi tugas Zidane jelas tak mudah, Lopetegui dibayangi prestasi mentereng Zidane yang sukses membawa Madrid menjuarai Liga Champions tiga musim beruntun.

Perbandingan pun tak terelakkan. Madrid-nya Lopetegui terus dibandingkan dengan Madrid racikan Zidane. Gaya bermain Madrid pun langsung disorot.

Baca komentar Lopetegui soal gaya bermain Madrid di bawah ini:

Pentingkan Pemain

Pemain Real Madrid © AFP

Mantan pelatih timnas Spanyol ini menegaskan bahwa yang terpenting dari gaya bermain adalah para pemain itu sendiri. Dia selalu berusaha memaksimalkan potensi pemain sekaligus menjaga kenyamanan bermain setiap gaconya.

“Hal yang terpenting dalam gaya bermain tim mana pun adalah para pemain itu sendiri. Saya cukup beruntung memiliki pemain-pemain hebat yang sangat baik mewujudkan keinginan saya,” ujar Lopetegui di laman resmi realmadrid.

Baca Juga : Assist Komedi Cristiano Ronaldo

 

“Banyak hal yang dikatakan soal gaya bermain dan penguasaan bola, tetapi tujuan utamanya adalah memenangkan pertandingan. Sebuah tim pasti memilih satu jalur atau lainnya.”

“Ada beberapa laga ketika lawan membuarkan anda menguasai bola dan beberapa lainnya yang membiarkan anda berlari memanfaatkan ruang kosong. Para pemain adalah yang terpenting dari segala hal ini dan mereka adalah pihak yang membuat perbedaan,” sambung dia.

Menguasai Bola

Pemain Madrid rayakan gol Carvajal ke gawang Getafe. © AP

Lebih lanjut, Lopetegui pun mengaku tak terlalu mengutamakan penguasaan bola. Menurutnya, taktik tersebut sangat bergantung pada lawan yang dia hadapi. Oleh sebab itu, dia menuntut Madrid mampu menjaga keseimbangan menyerang dan bertahan.

Baca Juga:   Mourinho: Seharusnya Saya Tak Mengolok-olok Suporter Juve

“Terkadang menguasai bola bisa menguntungkan anda dan terkadang tidak. Tujuannya adalah memenangkan pertandingan, ada banyak cara melakukan itu dan kami akan mencoba menggunakannya.”

Baca Juga : Alisson yang Bikin Takjub Sekaligus Deg-degan

“Kami tak terganggu soal pengusaan bola, kami hanya ingin memenangkan pertandingan.  Bola adalah alat yang membantu anda melakukan itu. Ada banyak faktor lain yang terlibat,” imbuh Lopetegui.

“Terkadang anda mendapat ruang dan anda bisa memaksimalkan itu. Kami harus mampu menjaga keseimbangan antara menyerang dan bertahan.”