Pertanyaan dan Nasihat Sri Mulyani untuk Mahasiswa UI Saat Uji Skripsi

LIHATBOLA – Menteri Keuangan Sri Mulyani bertugas menjadi Ketua Tim Penguji bagi dua mahasiswa Departemen Ilmu Ekonomi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia (FEB UI) pada Selasa (18/6/2019).

Dua mahasiswa yang diuji skripsi itu adalah Khaira Abdillah dan Putra Prima Raka.

Sebagian suasana sidang direkam dalam sejumlah video yang kemudian diunggah mantan Direktur Pelaksana Bank Dunia ini di Instagram pribadinya, @smindrawati.

Lebih dari 1.600 respons memenuhi kolom komentar unggahan tersebut. Sebagian besar netizen menyebut ini sebagai pengalaman luar biasa sekaligus mendebarkan.

Salah satunya yang ditulis akun @amelisrina.

Ini bisa semalaman enggak tidur, karena mikirin besok sidang skripsi dipimpin oleh Ibu Ani, dan hari H mungkin juga dia mules saking gugupnya. Tapi pengalaman hidup yang menurut saya paling berharga, dapat masukan dan ilmu dari menteri keuangan hebat yang diakui dunia. Selamat… Selamat,” tulisnya.

 

 

View this post on Instagram

 

Selain sebagai Menteri Keuangan RI, saya juga masih melaksanakan tugas sebagai dosen di Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia (FEB UI). Menjadi pengajar di kampus almamater adalah salah satu kebanggaan tersendiri bagi saya. Hari Selasa 18 Juni 2019, sebagai dosen FEB UI saya menjadi ketua sidang skripsi untuk dua orang mahasiswa. Yang pertama adalah Khaira Abdillah dengan skripsi yang berjudul Investigating the Impact of Internet Expansion on Learning Outcome in Indonesia. Pembimbing skripsi Khaira adalah Dr. Teguh Dartanto. Penguji lainnya adalah Dr. Chaikal Nuryakin. Mahasiswa kedua adalah Putra Prima Raka dengan skripsi yang berjudul The Impact of Intermediate Input Import on Indonesia’s Manufacturing Export Performance of the Global and Non-global Production Network: Firm-Level Data Analysis. Pembimbing skripsi adalah Dr. Kiki Verico sedangkan Dr. Chaikal juga menjadi penguji. Senang sekali bisa menguji secara langsung dua orang mahasiswa FEB UI yang cerdas dan energik ini. Saya berharap mereka dapat mengimplementasikan ilmunya untuk kebaikan Indonesia.

A post shared by Sri Mulyani Indrawati (@smindrawati) on

Cerita mahasiswa

Tapi, sebenarnya apa sajakah yang disampaikan Sri Mulyani pada mahasiswa saat di dalam ruang sidang?

Baca Juga:   Dulu Punya Rp 63 T, karena Krisis Pria Ini Jadi Bangkrut

Putra Prima Raka menceritakan pertanyaan dan nasihat yang diterimanya dari Sri Mulyani selama menjalani proses ujian skripsi.

Menurut dia, SMI memberi pertanyaan yang tajam dan mendalam, baik dari aspek teoritis hingga empiris.

“Di teori kemarin sempat ditanyakan tentang definisi global production network. Tapi memang lebih banyak dari segi empiris dan implikasi. Ibu bertanya tentang pengaruh market structureimport substituion sebagai implikasi dari studiku,” kata Prima.

Mahasiswa angkatan tahun 2015 itu mengaku mendapat sekitar 5-6 pertanyaan dari SMI. Namun, semua pertanyaan itu dapat diatasi, dijawab, dan berjalan lancar.

Tak hanya pertanyaan terkait hasil penelitian, SMI juga memberikan sejumlah nasihat kepada Prima untuk ke depannya.

“Setelah sidang Bu Sri Mulyani ada pesan. Beliau berharap agar saya tidak berhenti di jenjang S1 dan juga jangan lupa untuk terus kenali Indonesia, supaya ketika nanti besar saya bisa paham betul dan tidak akan lupa dengan negara sendiri,” kata Prima.

Sidang yang berlangsung kurang lebih selama 1,5 jam, menurut Prima, berjalan dengan serius tapi positif. Banyak diskusi yang terjadi sehingga ide, pikiran, dan gagasan dapat dibagikan.

Selain Prima dan Khaira, ada 2 lagi mahasiswa Departemen Ilmu Ekonomi yang diuji oleh Sri Mulyani, meski posisi Menteri Keuangan tersebut bukan sebagai ketua tim penguji.

“Dari Departemen Ilmu Ekonomi ada empat orang yang ditunjuk untuk presentlangsung di depan Bu Menteri. Ada saya, Khaira, Mendra dan Meila,” ujar Prima.