Peternak Ngeluh: Harga Pakan Masih Mahal, Harga Telur ‘Dipaksa’ Turun

Rekanbola – Harga telur ayam saat ini Rp 25.000/ kg setelah sebelumnya sejak sebulan lalu, harga telur di pasaran sudah mencapai Rp 30.000/kg. Mengenai penurunan harga tersebut ditanggapi keluhan oleh Ketua Perhimpunan Insan Perunggasan Rakyat Indonesia (Pinsar) Kabupaten Kendal, Suwardi.

“Pemerintah kan masih trauma karena harga di Jakarta masih tinggi. Mau gimana lagi semalam kita kumpul dengan semua pengurus ternak di Yogyakarta, kan orang orang di kita kan ada takut dengan intervensi pemerintah. Sudah kita diintervensi kita dibebani dengan harga pakan naik,” kata dia kepada, Senin (30/7/2018).

Sebagai informasi, kandungan bahan impor dalam bahan baku paka dalam ternak terdapat sekitar 35%. Impor bahan baku pakan ternak berasal dari 5 negara, mulai dari Australia, Brasil, hingga Amerika Serikat (AS). Rinciannya, bungkil kedelai diimpor dari Brasil, Argentina dan AS.

Sedangkan tepung daging dari AS, Australia dan Selandia Baru. Sudirman menjelaskan harga bahan baku pakan ternak tersebut naik seiring menguatnya nilai tukar dolar AS terhadap rupiah.

Saat ini nilai tukar rupiah terhadap dolar ada pada Rp 14.384. Suwardi menjelaskan, hal ini yang membuat para peternak kelimpungan menambal kekurangan dari pendapatan karena biaya produksi yang tinggi.

“Itu udah referensinya dari Pak Mendag tidak dinaikkan ya kalau kondisi ini dibiarkan berlarut-larut ya mungkin banyak peternak yang bakal gulung tikar,” jelas dia.

Dari hasil pantauan di infopangan.jakarta harga tertinggi telur ayam ras dijual Rp 28.000/kg di Pasar Senen, kemudian harga terendah Rp 23.000/kg yaitu di Pasar Cijantung. Jadi harga rata-rata telur ayam di pasar di Jakarta yaitu Rp 25.837/kg.

Ia menjelaskan penurunan harga yang saat ini terjadi merupakan dampak dari intervensi yang dilakukan pemerintah. Para peternak sengaja menuruti apa yang pemerintah inginkan karena adanya keinginan dari masyarakat.

Baca Juga:   Setelah Cikampek, Tol Mana Lagi yang Bakal Terapkan Aturan Ganjil Genap?

 

( Sumber : detik.com )

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *