Pikir Ulang! 5 Alasan Mengapa Bitcoin Gak Cocok untuk Kamu Koleksi

 

Rekanbola.com – Bitcoin adalah mata uang virtual di mana kamu tidak dapat memegang bentuk secara fisik karena hanya disimpan secara virtual. Namun belakangan ini fenomena Bitcoin yang melonjak hingga 1000 persen membuat banyak orang ramai-ramai memburunya. Lantas apakah Bitcoin masih cocok untuk kamu koleksi? Simak ulasan singkat dibawah ini!

BACA JUGA :

8 Dari Idola Wanita SM Entertainment Dengan Abs Terbaik

1. Masih belum diakui secara resmi oleh Pemerintah Indonesia

Pikir Ulang! 5 Alasan Mengapa Bitcoin Gak Cocok untuk Kamu Koleksi

Sejak kemunculan hingga makin populernya Bitcoin di kalangan masyarakat banyak negara seperti Jepang dan Rusia sudah melegalkan Bitcoin.Namun nyatanya sampai saat ini Pemerintah Indonesia yaitu Bank Indonesia masih melarang menggunakan Bitcoin atau mata uang virtual lainnya sebagai alat pembayaran di Indonesia. Tak hanya Indonesia, banyak negara lain yang juga melarang penggunaan Bitcoin seperti Korea, China, Australia, dan Selandia Baru.

2. Proses “menambangnya” semakin susah

Pikir Ulang! 5 Alasan Mengapa Bitcoin Gak Cocok untuk Kamu Koleksi

Ada dua cara untuk mendapatkan Bitcoin. Pertama dengan membeli Bitcoin dengan uang secara langsung di situs yang menjual Bitcoin. Kedua dengan cara menambang menggunakan seperangkat komputer dengan spesifikasi hardware cukup tinggi. Kedua cara tersebut tentunya  membutukan modal yang cukup besar. Bagi  yang memilih opsi kedua, seperti telah diketauhi proses “menambang” Bitcoin semakin hari semakin susah karena memang peredaran jumlah Bitcoin yang bisa ditambang dibatasi hanya sebanyak 21 juta keping saja.

3. Bisa menjadikan kamu miskin dalam waktu sekejap

Pikir Ulang! 5 Alasan Mengapa Bitcoin Gak Cocok untuk Kamu Koleksi

Meski kamu pernah mendengar berita tentang harga Bitcoin yang melonjak dari awal tahun yang hanya sekitar 12 juta per keping di awal tahun 2017 menjadi 190 juta per keping di bulan Desember 2017, kamu mesti hati-hati karena hanya dalam waktu satu jam nilai Bitcoin sudah turun sekitar 13,5 juta. Naik turunnya nilai Bitcoin yang seperti “Roller Coaster” ini yang menjadi pertimbangan Bank Indonesia untuk tidak melegalkan Bitcoin di Indonesia karena bisa jadi kamu kaya dan miskin hanya dalam waktu satu jam atau sekejap. Ngeri kan?

Baca Juga:   AirAsia Pindahkan Penerbangan Domestik ke Terminal 2 Soekarno Hatta

4. Pendiri Situs Bitcoin saja sudah menjual Bitcoinnya. Masa kamu malah beli?

Pikir Ulang! 5 Alasan Mengapa Bitcoin Gak Cocok untuk Kamu Koleksi

Seperti yang dikutip dari Futurism (18 Desember 2017)Emil Oldenburg, co-founder dari Bitcoin.com sudah menjual seluruh Bitcoin miliknya karena menurutya investasi Bitcoin saat ini merupakan salah satu bentuk investasi yang beresiko sangat tinggi. Bahaya ‘kan?

5. Masa depan Bitcoin masih tidak jelas

Pikir Ulang! 5 Alasan Mengapa Bitcoin Gak Cocok untuk Kamu Koleksi

Masa depan yang tidak jelas masih membayangi pemilik Bitcoin itu sendiri. Beberapa peraturan di beberapa negara yang melarang peredaran Bitcoin dan mata uang virtual lainnya sudah seharusnya menjadi “alarm” bagi kita bahwa masa depan dari Bitcoin ini masih tidak jelas.

Butuh pertimbangan cukup matang sebelum kamu memutuskan untuk menginvestasikan uangmu kedalam Bitcoin atau mata uang virtual lainnya. Bisa jadi fenomena Bitcoin ini tak ubahnya seperti fenomena ikan lohan dan batu akik yang kamu tahu sendiri nasibnya bagaimana sekarang.

Jika menurut kamu informasi ini bermanfaat, share ke teman atau keluarga dekat kamu yah!

(Sumber : business.idntimes.com)

BACA JUGA :