PLN cari pegawai baru hingga ke Inggris

REKANBOLA – PT Perusahaan Listrik Negara atau PLN (Persero) membuka kesempatan bagi putra-putri Indonesia yang sedang menuntut ilmu dan bekerja di luar negeri untuk berkarir pada perusahaan tersebut. Hal ini dilakukan dengan melihat semakin meningkatnya minat diaspora bekerja di PLN.

Direktur Human Capital Management PLN Muhamad Ali mengatakan, PLN masih membutuhkan pegawai baru, meski dalam beberapa tahun terakhir dilakukan rekrutmen yang menyerap ribuan tenaga kerja. Selain mencari pegawai baru di dalam negeri, PLN juga mencari dari luar negeri.

“Kita juga cari talent diaspora,” kata Ali, di Jakarta, Sabtu (27/10).

Pencarian pegawai baru dari luar negeri dilatarbelakangi oleh hasil survei ke warga Indonesia yang ada di Inggris, terhadap pekerjaan dan perusahaan yang diminati di dalam negeri. Dari hasil survei, PLN menjadi perusahaan yang paling diminati para diaspora untuk bekerja.

“Jadi dari diaspora kita di Inggris raya mereka melakukan survei kalau sudah selesai belajar mau kerja di mana, salah satunya PLN kita masuk rangking 3,” tutur Ali.

Menyikapi hal tersebut, PLN memberikan kesempatan diaspora di Inggris untuk bergabung, dengan membuka rekrutmen pada tahun ini. Selain merekrut lulusan baru, PLN juga mencari diaspora yang sudah profesional di bidang ketenagalistrikan.

“Karena masuk rangking 3 persatuan pelajar di sana meminta kita, besok kita semua perguruan tinggi di Inggris raya akan datang kita coba rekrut dari sana,” kata Ali.

Menurut Ali, pencarian pegawai baru di luar negeri bukan berarti PLN tidak mempercayai kualitas sumber daya manusia di dalam negeri. Diaspora yang ingin menjadi pegawai PLN, harus melalui ujian seperti yang dilakukan di dalam negeri.

Baca Juga:   Bank Mandiri Kucurkan Kredit Rp1 Triliun untuk Proyek Tol

“Jadi kita coba berusaha semaksimal mungkin mendapatkan talen terbaik dari dalam dan luar negeri, kita lebih banyak ke teknis ahli pembangkit, power sistem,” tandasnya.