Politisi PDIP Harap Jokowi Angkat 1,2 Juta Guru Honorer

REKANBOLA – Anggota Komisi X DPR RI, Effendi Simbolon berharap Presiden Joko Widodo mengangkat 1,2 juta tenaga guru honorer menjadi guru tetap. Hal ini untuk memberikan kepastian nasib para tenaga honorer.

“Saya berharap Pak Jokowi mengangkat 1,2 juta guru honorer menjadi guru tetap,” kata dia, dalam diskusi bertajuk Vokasi dan Ironi Pendidikan di Era Milenial di Cikini,Jakarta Pusat, Sabtu (10/11).

“Tapi kemarin dialokasi di RAPBN 2019 kok tidak muncul. Ini kok kayak tidak seksi begitu. 1,2 juta guru honorer diangkat kan keren kayak dia membebaskan tarif tol Suramadu,” sambungnya.

Politisi PDIP ini mempertanyakan keseriusan pemerintah dalam memperhatikan kesejahteraan para tenaga honorer. Perhatian tersebut kata dia tidak nampak dalam alokasi Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN).

“Makanya kita bertanya-tanya ke Menteri Keuangan, kan banyak fiskal lain dipotong, kenapa kemudian tidak dialokasikan,” katanya.

Effendi mengakui memang tidak bisa seluruh tenaga guru honorer tersebut diangkat sekaligus. Namun pemerintah perlu memikirkan opsi untuk mengangkat tenaga honorer menjadi ASN.

“Kalaupun tidak semua, tapi ada kepastian terhadap guru tidak tetap yang honorer ini, yang jelas-jelas mereka adalah para pahlawan yang disebut tadi dalam pendidikan tapi tidak dialokasikan secara bertahap. 1,2 juta tersebar di seluruh daerah di Indonesia ini,” tandasnya.

Baca Juga:   RI Impor Beras Thailand, 22.500 Ton Tiba di Cilegon

One thought on “Politisi PDIP Harap Jokowi Angkat 1,2 Juta Guru Honorer

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *