Polri Mengakhiri Operasi di Rutan Mako Brimob Usai 36 Jam

 

Rekanbola.com – Usai 36 jam menggelar aksi penanggulangan di rutan cabang Salemba atau Mako Brimob, Polri menyatakan operasi berakhir pukul 07.15 WIB. Sudah tidak ada lagi personel polisi yang disandera oleh narapidana di dalam rutan.

Satu sandera terakhir yang berhasil diselamatkan adalah Brigadir Iwan Sarjana. Anggota Densus 88 itu berhasil dievakuasi ke rumah sakit pada Kamis (10/5) pukul 02.00 WIB.

Wakapolri Komjen (Pol) Syafruddin mengatakan kondisi di dalam rutan Mako Brimob sudah sepenuhnya kondusif.

“Sebagian besar dari narapidana sudah menyerahkan diri dan semua peralatannya sudah diambil. Kami sedang berkoordinasi dengan Kementerian Hukum dan HAM terkait upaya selanjutnya,” ujar Syafruddin ketika memberikan keterangan pers pagi ini.

Lalu, berapa banyak total jumlah korban yang tewsas dan luka-luka? Apa betul terjadi negosiasi selama operasi tersebut digelar?

1. Ratusan narapidana sudah menyerahkan diri

Polri Mengakhiri Operasi di Rutan Mako Brimob Usai 36 Jam

Menurut Syafruddin, sebanyak 155 narapidana kasus terorisme sudah menyerahkan diri kepada personel polisi. Mereka melakukan penyanderaan terhadap 9 anggota Polri.

“5 personel Polri di antaranya gugur dengan cara pembunuhan yang sadis. Itu bisa terlihat di hasil visum. Empat orang di antaranya luka-luka, 3 di antaranya sudah mendahului dan keluar pada Selasa malam. Satu (sandera) terakhir atas nama Brigadir Iwan Sarjana baru saja dibebaskan pada pukul 02.00 WIB,” ujar Syafruddin ketika memberikan keterangan pers.

2. Tidak ada upaya negosiasi, yang ada persuasi

Polri Mengakhiri Operasi di Rutan Mako Brimob Usai 36 Jam

Syafruddin terlihat geram ketika membaca berbagai pemberitaan di media bahwa sempat terjadi upaya negosiasi agar sandera dari pihak kepolisian dibebaskan.

“Dengarkan saya, tidak ada negosiasi. Ini semua dilakukan dengan menggunakan soft approach. Narapidana saat ini sedang dibawa ke ruang isolasi dan sedang kami bicarakan dengan Kemenkum HAM,” kata dia.

Baca Juga:   Sambut 2019, PDIP Jatim Siap Menang di Pileg dan Pilpres