Ponsel Anyar HTC Cuma Bisa Dibeli Pakai Bitcoin

REKANBOLA – Vendor ponsel asal Taiwan, HTC, baru saja mengumumkan bahwa pihaknya sudah membuka layanan pre-order untuk ponsel anyarnya bernama Exodus 1. Sekadar info, itu adalah ponsel berbasis blockchain perdana mereka.

Di dalamnya, terdapat wallet yang berguna untuk menyimpan kunci terhadap simpanan cryptocurrency maupun token mata uang digital lain. Dompet digital tersebut diklaim aman dan tersimpan di area yang tak tersentuh sistem operasi Android.

Exodus 1 bisa dibilang dibekali spesifikasi mumpuni oleh HTC. Dapur pacunya saja mengusung Qualcomm Snapdragon 845 yang ditemani dengan RAM 6 GB, sebagaimana Rekanbola.com kutip dari The Verge, Rabu (24/10/2018).

Kapasitas memori internal dan baterainya masing-masing sebesar 128 GB dan 3.500 mAh. Menjalankan Android Oreo, smartphone ini juga dilengkapi dengan IP68 soal proteksi terhadap debu dan air.

Soal kamera, Exodus memiliki dua lensa, baik di belakang maupun di depan. Pada kamera belakang, kualitasnya sama-sama 16 MP. Sedangkan dua kamera depannya sama-sama 8MP, dan memiliki fitur bokeh.

Ponsel ini juga mampu merekam video kualitas 4K pada 60 FPS. sebagai tambahan, Exodus 1 mengusung layar HD+ berukuran 6 inch dengan aspek rasio 18:9.

Yang menarik adalah, ponsel ini hanya bisa dibeli dengan menggunakan Bitcoin atau Ethereum, dua mata uang digital terbesar di dunia. Harganya sendiri mencapai 0,15 BTC atau 4,78 ETH.

Jika dikonversi ke mata uang konvensional, nilai smartphone tersebut berada di kisaran USD 960, atau sekitar Rp 14,5 juta. Bagi yang berminat, pengapalannya akan dimulai pada Desember mendatang.

Soal ketersediaan, Exodus 1 disebut tersedia di 34 negara. Amerika Serikat, Taiwan, Hong Kong, Singapura, Selandia Baru, Britania Raya, Austria, dan Norwegia menjadi beberapa di antaranya.

Baca Juga:   Strategi Waze agar Pengguna Tak Jenuh di Tengah Kemacetan

Satu catatan, ponsel ini tidak akan tersedia di China. Hal tersebut karena Negeri Tirai Bambu memang memberlakukan larangan terhadap aksi perdagangan menggunakan cryptocurrency.