Prancis 4-3 Argentina, Dua Assist Messi Terasa Hambar

REKANBOLA – Runner-up Grup D Argentina berhadapan dengan juara Grup C Prancis di babak 16 besar Piala Dunia, Sabtu (30/6). Dalam laga yang digelar di Kazan Arena ini, Argentina takluk 3-4.

Lionel Messi tak mencetak gol, tapi sang kapten tercatat merancang dua assist di laga ini, pertama oleh seorang pemain Argentina sejak 1986. Namun dua assist Messi itu terasa hambar, karena tak cukup untuk membawa La Albiceleste meraih kemenangan.

Prancis unggul melalui penalti Antoine Griezmann di menit 13, tapi Argentina mampu membalikkan skor lewat gol-gol Angel Di Maria menit 41 dan Gabriel Mercado menit 48.

Setelah itu, Prancis kembali memimpin berkat gol Benjamin Pavard menit 57 serta brace Kylian Mbappe menit 64 dan 68. Gol Sergio Aguero saat injury time hanya cukup bagi Argentina untuk menipiskan selisih skor jadi 3-4.

Gol Mercado dan Aguero tercatat lahir dari assist Messi. Messi pun menjadi pemain Argentina pertama yang merancang dua assist dalam satu laga Piala Dunia sejak Diego Maradona melakukannya ketika mengalahkan Korea Selatan 3-1 di penyisihan grup Piala Dunia 1986.

View image on Twitter
Hanya sayang, landmark ini jadi tak berarti. Argentina kalah dan langkah mereka harus terhenti sampai di sini.

Statistik-statistik

Statistik-statistik

Ada beberapa statistik menarik dari laga Prancis vs Argentina ini. Dirangkum dari BBC Sport, berikut beberapa di antaranya.

  • Lionel Messi telah bermain selama 756 menit di fase knockout Piala Dunia, tapi belum mencetak satu golpun di fase ini.
  • Lionel Messi adalah satu-satunya pemain yang selalu mencatatkan assist dalam empat edisi terakhir Piala Dunia.
  • Ini baru kelima kalinya Argentina kebobolan empat gol atau lebih dalam satu laga Piala Dunia, dan yang pertama sejak kalah 0-4 melawan Jerman di perempat final 2010.
  • Prancis mencetak empat gol dari empat tembakan tepat sasaran. Mereka mencetak tiga gol dari 12 tembakan tepat sasaran di fase grup.
  • Ada delapan kartu kuning dalam laga ini, terbanyak dalam satu laga di Piala Dunia 2018 sejauh ini (selain Belgia vs Panama).
  • Ada delapan tembakan tepat sasaran di laga ini (Prancis 4 – Argentina 4), tapi hanya satu yang tak terkonversi menjadi gol, yakni Lionel Messi menit 85.
  • Prancis masih belum pernah kalah dalam laga-laga internasional setiap kali Antoine Griezmann mencetak gol.
  • Gol balasan Angel Di Maria (27,57 meter menuju gawang) adalah gol yang tercipta dari jarak terjauh di Piala Dunia 2018 sejauh ini.
  • Gol Benjamin Pavard adalah gol pertamanya untuk Prancis, dalam penampilan yang ke-9.
Baca Juga:   Hasil Pertandingan Liverpool vs Napoli: Skor 5-0

Gemilangnya Mbappe

Gemilangnya Mbappe

Kylian Mbappe tampil impresif dengan dua golnya. Di usia 19 tahun, dia pun tercatat sebagai remaja pertama yang mencetak minimal dua gol dalam satu laga Piala Dunia sejak Pele (Brasil) vs Swedia pada 1958.

View image on Twitter