Presiden Jokowi resmikan Bandara APT Pranoto dan Maratua

REKANBOLA – Presiden Joko Widodo atau Jokowi meresmikan Bandara Aji Pangeran Tumenggung (APT) Pranoto dan Bandara Maratua, Berau, Kalimantan Timur.

“Dengan mengucap Bismillahirrahmanirrahim saya resmikan bandara APT Pranoto dan Bandara Maratua,” kata Jokowi saat meresmikan dua bandara tersebut di Bandara APT Pranoto, Samarinda, Kalimantan Timur, Kamis (25/10).

Peresmian ini ditandai dengan penekanan tombol sirine secara simbolis yang dilakukan oleh Jokowi. Kemudian Jokowi juga terlihat menandatangani prasasti peresmian kedua bandara tersebut.

Dalam sambutannya, Jokowi mengatakan bahwa saat ini pertumbuhan ekonomi Indonesia tak lagi berfokus di pulau Jawa saja. Melainkan di daerah lain seperti di Kalimantan Timur ini.

“Memang dalam 4 tahun ini, kita kejar kantong-kantong ekonomi baru, oleh sebab itu pembangunan infrastruktur konektivitas, baik bandara, pelabuhan, kereta api itu penting, dan ini bukan untuk gagah-gagahan,” terang Jokowi.

Oleh karena itu, sambung dia, pembangunan infrastruktur semisal Bandara penting dilakukan. Selain untuk memicu pertumbuhan ekonomi, Jokowi berpendapat infrastruktur juga diperlukan untuk mempersatukan bangsa.

“Juga untuk konektivitas dan mempersatukan bangsa ini,” ucap mantan Gubernur DKI Jakarta ini.

Khusus untuk Bandara Maratua, Jokowi berharap nantinya akan bermanfaat untuk pengembangan sektor pariwisata. Sehingga para turis dan wisatawan dapat dengan mudah ke lokasi wisata di Kabupaten Berau dan Kepulauan Derawan.

“Ini bisa jadi titik pertumbuhan ekonomi baru. Kita harapkan dengan hadirnya bandara di Maratua, kita harapkan wisatawan dan turis akan semakin banyak,” kata Jokowi.

 

Baca Juga:   Presiden Jokowi Ingin Tol Trans Jawa Terintegrasi Kawasan Industri dan Pariwisata