Pria Lebih Cepat Turunkan Berat Badan Dibandingkan Wanita

Rekanbola –  Penelitian terbaru yang meneliti perihal penurunan berat badan yang terjadi pada pria dan wanita dalam periode yang sama menunjukkan bahwa pria lebih mudah menurunkan berat badan dibandingkan wanita.

“Setelah diet yang dilakukan selama dua bulan, dengan menu makan dan latihan yang sama, rata-rata pria turun berat badannya hingga 11,8 kg, sementara wanita 9,9 kg,” ujar peneliti seperti dilansir dari Fox News.

Penelitian ini dilakukan dengan melibatkan 2.200 responden berusia dewasa dari Eropa, Australia dan Selandia Baru. Setiap responden yang terlibat termasuk dalam kategori gemuk dan mengalami pradiabetes. Penelitian dilakukan selama 8 minggu.

Setiap responden diminta hanya mengonsumsi makanan maksimal 800 kalori per hari. Sementara menu makanan yang dikonsumsi terdiri dari sup, jus, sereal dan sayuran. Penelitian ini pun menemukan fakta lainnya yaitu selain lebih mudah menurunkan berat badan, pria juga mengalami efek samping diet yang lebih sedikit.

Selain itu, pria juga ditemukan memiliki tekanan darah yang lebih rendah, lemak tubuh yang berkurang dan risiko diabetes turun. Sedangkan wanita mengalami penurunan kadar kolesterol baik (HDL) dan kekuatan tulang. Namun, wanita lebih mudah memiliki lingkar pinggul yang lebih kecil.

Nutrisionis sekaligus penulus buku The Simple 1:1:1 Formula for Fast and Sustained Weight Loss, Rania Batayneh menjelaskan alasan mengapa pria lebih mudah menurunkan berat badan dibandingkan wanita. Hal ini karena genetik.

“Pria memiliki otot tubuh yang lebih banyak sehingga mudah membakar kalori. Selain itu, lemak pria rata-rata terkonsentrasi di bagian perut, membuatnya lebih mudah dibakar daripada lemak di paha dan bokong pada wanita,” kata Rania.

Baca Juga:   Pasangan Ini Temukan Pesan Lucu dari Penghuni Lama Saat Renovasi Kamar Mandi

(Kredit : www.sindonews.com )