Pubertas Dini Bisa Sebabkan Obesitas

Rekanbola – SEBUAH laporan pada penelitian baru menunjukkan, wanita yang mulai pubertas lebih awal berisiko mengalami kelebihan berat badan ke depannya.

Secara khusus, jika para wanita memulai periode pubertas lebih awal, mereka cenderung memiliki indeks massa tubuh yang lebih tinggi (BMI. Hal tersebut merupakan perkiraan lemak tubuh berdasarkan berat dan tinggi badan. Para peneliti di Imperial College London menganalisis data dari ratusan ribu wanita di Inggris.

Mereka mengatakan temuan itu menambah bukti yang menghubungkan awal pubertas dengan berat badan wanita dewasa. Temuan sebelumnya adalah observasional dan bisa dipengaruhi oleh faktor-faktor seperti etnis, latar belakang ekonomi, tingkat pendidikan, dan diet.

“Hal-hal tersebut akan membuat sulit untuk mengatakan apakah pubertas dini atau faktor lain dapat memengaruhi berat badan wanita,” ucap penulis penelitian yang juga seorang peneliti di School of Public Health, Dipender Gill, seperti dilansir lamanWebMD. 

Para peneliti mengatakan, temuan mereka menunjukkan bahwa pubertas dini itu sendiri merupakan faktor risiko bagi perempuan kelebihan berat badan.

“Penelitian sebelumnya telah menunjukkan ada hubungan, tetapi kami tidak tahu apakah pubertas dini menyebabkan kegemukan pada masa dewasa, atau hanya berhubungan dengan itu. Dalam penelitian terbaru kami, kami telah menghasilkan bukti untuk mendukung bahwa itu adalah efek kausal,” ujar Gill.

Ia juga menuturkan tidak jelas mengapa pubertas dini dapat memicu obesitas pada wanita dewasa. Menurut Gill, adanya kesenjangan dalam kematangan fisik dan emosional dapat berperan dalam hubungan antara pubertas dini dan obesitas.

Kemungkinan lain adalah efek fisik dari perubahan hormon selama pubertas, seperti pertumbuhan payudara yang dapat memengaruhi kemungkinan seorang gadis untuk kelebihan berat badan pada kemudian hari. Gill menambahkan bahwa sulit untuk mengatakan dengan mengubah pubertas seseorang akan memengaruhi risiko obesitas mereka saat dewasa.

Baca Juga:   Pembedahan Bagi Pasien Obesitas Hanya Boleh Dilakukan Ketika Pada Tahap Ini

“Dan apakah itu adalah sesuatu yang dapat kita terapkan secara klinis? Karena tidak mungkin secara etis untuk mempercepat atau menunda laju pubertas untuk memengaruhi berat badan,” kata Gill.

(Sumber  sindonews.com)

Baca juga