Puing Lion Air Diserahkan ke KNKT Untuk Diinvestigasi

Rekanbola Badan SAR Nasional (Basarnas) telah menyerahkan puing-puing pesawat Lion Air JT 610 yang jatuh di Tanjung Karawang, Jawa Barat, kepada Komisi Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) di Tanjung Priok, Jakarta, Jumat (2/11) siang.

Penyerahan ini nantinya akan ditindaklanjuti dengan proses investigasi guna mengungkap penyebab kecelakaan yang menimpa pesawat tersebut.

Dalam serah terima itu, Basarnas diwakili oleh Sekretaris Utamanya, Dianta Bangun. Serah terima juga disaksikan oleh pihak Kementerian Perhubungan.

“Kita akan serah terima kita akan serahkan dari tim SAR gabungan ke KNKT seluruh barang temuan barang ini selanjutnya sepenuhnya jadi kewenangan KNKT untuk investigasi,” ujar Dianta.

Barang yang dibawa hanya puing-puing pesawat berupa serpihan busa sebagai tempat duduk pesawat, benda berbentuk triplek seperti bagian badan pesawat.

Sementara itu, Direktur Kesiapsiagaan Basarnas Didi Hamszar mengatakan proses pemindahan ini sudah masuk ke ranah KNKT. Puing tersebut akan sepenuhnya diserahkan ke KNKT untuk dilakukan investigasi.

“Ini udah masuk ke yuridiksinya KNKT, Basarnas itu kegiatannya simultan, proses pencarian tetap berlanjut, dan hasil temuan ini kita kasih ke KNTK, iya langsung ke gudang KNKT,” katanya.

Puing tersebut dibawa secara bertahap ke KNKT. Didi mengatakan hal itu supaya proses investigasi berjalan cepat.

“Ini supaya proses berjalan cepat. Supaya proses investigasi semakin maksimal,” katanya.

Tidak semua barang diangkut oleh KNKT. Hanya puing-puing pesawat yang terlihat dipindahkan, sementara temuan barang korban seperti baju, tas, sepatu, hingga hancuran bahan-bahan masih di lokasi.

 

Baca Juga:   Buaya 200 Kg Peliharaan Pria Jawa Barat Disorot Media Asing