Rambut Sangat Berminyak, Atasi dengan Beragam Bahan Alami

REKANBOLA – Tinggal di daerah yang cenderung panas menyengat kadang bisa menimbulkan berbagai masalah pada kulit dan rambut. Apa lagi ketika Sahabat Fimela kerap beraktivitas di luar rumah. Keringat dan kulit kepala yang berminyak pasti akan membuat rambut lepek.

Dry shampoo kadang bisa menjadi penolong. Namun, kalau terus-terusan tergantung pada dry shampoo, bisa repot juga. Sebenarnya, rambut lepek juga bisa diatasi dengan serum dan sampo khusus untuk jenis kulit kepala berminyak.

Meskipun begitu, kamu sebenarnya bisa menggunakan berbagai bahan alami yang ada di rumah untuk mengatasi masalah ini. Penasaran apa saja bahan-bahan yang bisa mengatasi rambut lepek dan berminyak?

Tea Tree Oil 

Minyak ini pastinya sudah tidak asing lagi di telingamu, kan? Soalnya, tea tree oil kerap kali digunakan untuk mengatasi kulit wajah yang super berminyak. Nah, sama saja seperti kulit wajah, kulit kepala yang menghasilkan kelebihan sebum penyebab rambut berminyak ini dapat mengatasi masalah tersebut.

Dilansir dari Style Craze, kamu harus mencampur tea tree oil dengan minyak alami lain yang ringan. Seperti minyak zaitun, minyak kelapa, dan lain-lain. Kamu hanya tinggal memijat kulit kepalamu dengan campuran minyak ini 3 kali dalam seminggu. Agar tidak tambah lepek, pakai minyak ini pada malam hari.

Cuka Apel

Dilansir dari sumber yang sama, cuka apel mengandung acetic acid yang dapat menyeimbangkan pH kulit kepala. Sehingga tidak akan lembap dan juga lepek.

Cara menggunakannya, kemu hanya butuh:

3 sdt cuka apel

1 gelas air

Kemudian, campur kedua bahan hingga merata. Setelah keramas, siram kulit kepala dan seluruh rambut dengan campuran cuka apel dan air ini. Hati-hati, jangan sampai mengenai kedua matamu, ya! Nanti perih. Setelah didiamkan beberapa menit, bilas kembali dengan air bersih.

Baca Juga:   Siap-siap Jadian, Inilah 7 Tanda Nyata Cowok Sudah Naksir Berat Kepadamu