Raup 52% Suara, Erdogan Deklarasikan Kemenangan

Rekanbola – Recep Tayyip Erdogan mendeklarasikan kemenangannya dalam pemilihan presiden Turki yang baru saja digelar. Erdogan menganggap kemenangannya sebagai mandat yang diberikan rakyat Turki dan juga partainya.

“Orang-orang kami telah memberi kami tugas melaksanakan jabatan kepresidenan dan eksekutif,” kata Erdogan dalam pidatonya di Istanbul seperti dilansir Reuters, Senin (25/6/2018).

Dalam penghitungan suara yang disiarkan media Turki, Erdogan unggul jauh dari pesaing terdekatnya Muharrem Ince. Dari 96, persen suara yang masuk, Erdogan meraih 52,7 persen sedangkan Ince hanya meraih 30,7 persen suara.

Erdogan berharap hasil pemilu dapat diterima. Dia meminta tak ada pihak yang mengaburkan hasil penghitungan suara yang menurutnya bisa membahayakan demokrasi di Turki.

“Saya harap tidak ada yang akan mencoba membayangi hasil dan membahayakan demokrasi untuk menyembunyikan kegagalan mereka sendiri,” ujarnya.

Erdogan membutuhkan lebih dari 50 persen untuk bisa kembali menjadi Presiden Turki. Ada 4 capres lagi yang berkontestasi di Pemilu Turki kali ini yakni Meral Aksener, Selahattin Demirtas, Temel Karamollaoglu, dan Dogu Perincek.

Pemilu Turki digelar Minggu (24/6) ini. Penghitungan suara saat ini masih berlangsung.Total ada 59,39 juta pemilih yang terdaftar dalam pemilu tahun ini. Jumlah itu termasuk 3,047 juta pemilih di luar negeri. Sebanyak 180.065 kotak suara telah disebar ke 81 provinsi di Turki. Sedangkan total 3.160 kotak suara disediakan di sekitar 123 misi diplomatik Turki di sebanyak 51 negara.

(Sumber : detik.com)

Baca Juga:   Tak Masuk Akal, Pencurian Jalan Beton Sepanjang 800 Meter