Real Madrid Punya Dana 372 Juta Euro Untuk Belanja Pemain

Rekanbola – Dalam beberapa tahun terakhir, Real Madrid seperti berusaha untuk berhemat di lantai transfer. Madrid yang normalnya dikenal sebagai tim yang tak segan belanja besar, kini tak banyak lagi mendatangkan pemain mahal.

Madrid mengubah kebijakan mereka dengan lebih banyak mendatangkan pemain muda berkualitas dengan potensi tinggi. Vinicius Junior, Marco Asensio, Alvaro Odriozola, Andriy Lunin dan Rodrygo menjadi contoh para pemain yang dibeli Madrid dalam beberapa tahun belakangan.

Namun Madrid bukannya tak punya uang, tapi mereka sepertinya sengaja menyimpan uang dengan berbagai alasan. Madrid tentu masih berminat untuk mendatangkan pemain berkelas Galactico, tapi mereka ingin melakukannya dengan cerdas.

Lihat situasi keuangan Madrid dengan scroll ke bawah.

 

Punya Dana Belanja Besar

Real Madrid mengungkapkan bahwa mereka sebenarnya memiliki cadangan dana yang cukup besar untuk melakukan belanja pemain. Hanya saja saat ini Madrid tidak melihat ada pemain yang bisa dibeli dan sesuai dengan profil yang mereka inginkan.

Sudah bukan rahasia bahwa Madrid menginginkan Neymar dan Kylian Mbappe milik PSG. Kedua pemain itu memenuhi syarat sebagai bintang berkelas Galactico yang mereka butuhkan. Hanya saja, PSG tak mau menjual keduanya karena mereka juga memang harus bersusah payah untuk bisa membawa mereka ke Paris.

Menrut laporan keuangan bendahara Madrid, pihak klub memiliki dana belanja total 372 juta euro. Perinciannya, Madrid punya uang 190 juta euro ditambah dengan pinjaman sebesar 182 juta euro dengan bunga yang sangat kompetitif.

Angka itu membuktikan bahwa Madrid diam-diam memang sudah mempersiapkan diri untuk pembelian pemain-pemain mahal. Masalahnya, harga pemain kelas dunia sudah mengalami inflasi yang gila-gilaan, terutama setelah pembajakan Neymar dari Baraca menuju PSG. Harga pemain di atas 100 juta euro sudah dianggap normal saat ini.

Baca Juga:   Gimenez Semakin Dekat Dengan Real Madrid

 

Hati-hati Dengan Utang

Ada alasan bagus mengapa Florentino Perez begitu berhati-hati dalam membelanjakan uang Madrid. Meski memiliki pendapatan yang sangat besar, tapi Madrid juga memiliki kewajiban keuangan yang besar pula.

Madrid menutup musim 2016-17 dengan aset sebesar 190 juta euro, tapi Madrid juga masih harus membayar banyak kewajiban. Madrid harus melunasi 10,1 juta euro dalam tiga bulan ke depan, serta 50 juta euro dalam lima tahun ke depan. Untuk biaya pembayaran transfer pemain, madrid masih memiliki tanggungan 16,8 juta euro pada awal tahun ini. Pembayaran itu masih harus dilakukan beberapa kali lagi.

Musim 2016-17 Madrid memperoleh pendapatan sebesar 751 juta euro tapi pengeluaran mereka juga sangat besar. Untuk membayar gaji pemain di tim utama saja, Madrid menghabiskan 280 juta euro. Secara keseluruhan, Madrid harus mengeluarkan 400 juta euro untuk membayar gaji 811 pegawainya selama satu tahun.

 

Rencana Renovasi Santiago Bernabeu

Florentino Perez juga sudah mempersiapkan rencana untuk melakukan renovasi besar-besaran terhadap stadion kebanggaan Madrid; Santiago Bernabeu. Awalnya Madrid berencana untuk membiayai renovasi itu dengan menjual berbahai hak penamaan dan sponsorship di Bernabeu. Namun rencana itu kemudian urung terwujud.

Perez dikabarkan akan mencari pinjaman dana sebesar 575 juta euro agar Madrid bisa merenovasi sendiri stadion mereka. Pinjaman sebesar itu tentu masih bisa dikelola mengingat pendapatan Madrid yang besar. Tapi pinjaman itu juga bisa menempatkan Madrid di posisi yang rumit secara finansial.

Jika Madrid memang harus berutang besar nantinya, maka mereka tidak akan bisa dengan bebas membeli pemain mahal. Artinya, jika memilih untuk merenovasi stadion, maka Madrid tidak akan punya kemampuan untuk belanja gila-gilaan, misalnya saja untuk membeli Mbappe atau Neymar.

Baca Juga:   Gary Cahill Jadi Kapten Baru Chelsea

Selain itu, Madrid ternyata juga sudah menjaminkan pendapatan mereka di masa depan untuk membayar utang di beberapa kreditor. Artinya, penghasilan Madrid, termasuk dari sponsorship, sudah dialokasikan untuk pembayaran utang sampai akhir musim 2018-19.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *