Rekam demonstrasi nelayan, aktivis Vietnam divonis 14 tahun penjara

Rekanbola.com –  Pengadilan Vietnam menjatuhkan hukuman 14 tahun penjara kepada seorang aktivis karena melakukan siaran langsung daring yang menampilkan demonstrasi nelayan. Para nelayan itu memprotes limbah pabrik baja milik Taiwan yang dibuang ke laut.

Dilansir dari laman Washington Post, Selasa (6/2), aktivis bernama Hoang Duc Binh itu dituding menyalahgunakan kebebasan demokrasi dengan melanggar kepentingan negara, organisasi, dan segenap orang yang bertugas di wilayah tersebut.

Selain Binh, rekannya bernama Nguyen Nam Phong juga dijatuhi hukuman penjara selama dua tahun karena dianggap melawan petugas yang sedang menjalankan pekerjaannya.

Siaran langsung daring itu dilakukan Februari tahun lalu. Dalam cuplikan video tersebut, Binh membeberkan fakta bahwa nelayan setempat sering dilarang berlayar untuk mencari dan dipukuli oleh pihak berwenang.

Pabrik baja yang dimaksud Binh adalah Taiwan Formosa Plastic Group. Pabrik tersebut menyebarkan limbah kimia beracun yang membuat makhluk laut mati. Selain mematikan sumber pemasukan nelayan, limbah itu juga menghambat industri pariwisata di lingkungan tersebut.

Baca Juga :

 

Hasil gambar untuk MInion logo

 

Baca Juga:   Banyak pencuri yang ambil barang korban gempa di Petobo