Renang Dapat Tingkatkan Kecerdasan Otak

REKANBOLA.com – Berenang menjadi olahraga yang memiliki beragam manfaat kesehatan. Tidak saja fisik, juga mental.

Mengutip Boldsky, renang juga dapat meningkatkan kecerdasan otak. Berikut 10 manfaat renang bagi kesehatan tubuh:

1. Mendapatkan Tubuh Ideal
Salah satu manfaat terbesar dari berenang adalah mendapatkan  tubuh yang ideal. Ada berbagai goresan yang digunakan saat renang, masing-masing berfokus pada kelompok otot yang berbeda. Ini membantu memperkuat otot dan membangun kekuatan dan daya tahan tubuh.

2. Meningkatkan Kesehatan Jantung
Renang dapat  meningkatkan detak jantung yang membantu menjaga paru-paru dan jantung tetap kuat. Sebuah periset mengatakan renang bisa mengurangi risiko kematian dibandingkan orang yang tidak berenang. Renang juga membantu menurunkan tekanan darah dan mengendalikan gula darah.

3. Meningkatkan Kecerdasan
Berenang memperbaiki fungsi memori dan kemampuan berpikir. Ini membantu dalam mengurangi peradangan dan resistensi insulin di otak yang mendorong pertumbuhan sel otak baru. Berenang juga dikenal untuk meningkatkan mood, kecemasan dan stres yang meningkatkan kemampuan otak untuk berpikir lebih efisien.

4. Mengurangi penyakit Asma
Renang sangat  efektif untuk orang yang menderita paru kronis, seperti asma. Orang yang menderita asma akan mendapatkan keuntungan dari latihan renang karena kelembaban dari air menggantikan kelembaban yang dikeluarkan saat bernapas dengan kuat.

5. Menurunan Berat Badan
Jika ingin menurunkan berat badan lebih cepat, renang bisa menjadi olahraga terbaik untuk Anda. Sebuah studi mencatat satu jam berenang yang kuat bisa membakar sekitar 715 kalori. Menurut para periset di Indiana University, saat membandingkan perenang kebugaran dengan perenang non-perenang, mereka menemukan bahwa perenang memiliki pinggang dan pinggul yang lebih ramping.

Baca Juga:   Berkat BTS, Korea-China Kembali Romantis dan Raup Rp 1,6 T

6. Mengurangi Stres
Berenang memiliki efek meningkatkan emosioanal sendiri dan ini dapat memberi keajaiban bagi tingkat stres. Jika latihan renang berlangsung selama sekitar 30 menit, tubuh akan merasa rileks dan bebas stres.

7. Tidur Nyenyak
Renang memiliki kekuatan yang sangat besar untuk membantu tidur nyenyak malam hari. Orang yang menderita insomnia akan tidur lebih nyenyak begitu mereka mulai renang. Jika Anda ingin memperbaiki tidur, berenanglah.

8. Meningkatkan Energi
Renang dapat meningkatkan tingkat energi Anda ke inti. Itu karena semua otot bekerja saat Anda berenang dan mengisi tubuh. Menghabiskan setengah jam untuk berenang akan menjadi lebih aktif selama sisa hari itu.

9. Mengatasi Penyakit Paru
Saat renang, tubuh beradaptasi untuk menggunakan oksigen lebih efisien. Tubuh belajar untuk mengambil lebih banyak udara segar dengan setiap napas dan mengeluarkan lebih banyak karbon dioksida. Hal ini membuat paru-paru tetap sehat dan berakibat pada detak jantung yang lebih rendah, dan menurunkan tekanan darah.

10. Mengurangi Kolesterol

Renang dapat mengurangi kolesterol LDL (jahat) dan meningkatkan kolesterol baik – berkat kekuatan aerobiknya. Ini membuat kadar kolesterol Anda tetap stabil dan membantu menjaga tubuh tetap sehat.

 

Berita Menarik Lainnya :

Hasil gambar untuk MInion logo