Resmi Dikenalkan, Spesifikasi-Desain LG G7 ThinQ Sangat Menggoda

Rekanbola – Setelah gagal mentas di ajang MWC 2018 di Barcelona, akhirnya hari ini LG secara resmi mengumumkan smartphone premium terbarunya, LG G7 ThinQ. Benaman fitur Artificial intelligence (AI) atau kecerdasan buatan yang benar-benar memberi manfaat dan kenyamanan menjadi fokus G7 dalam menyajikan pengalaman penggunaan fundamental.

Ditenagai prosesor terkini Qualcomm Snapdragon 845, LG G7 ThinQ menawarkan varian 4 GB/6 GB pada RAM dan 64 GB/128 GB pada kapasitas simpan bawaan yang membuatnya siap menjalankan tugas dan aplikasi yang paling menuntut dengan mudah. Pada layarnya, smartphone ini memiliki layar berbentang 6,1 inchi dengan kecerahan menakjubkan.

Meski terhitung hampir setengah inchi lebih besar dibanding pendahulunya, LG G7 ThinQ tak memiliki perbedaan pada sisi lebar bodinya. Inilah yang membuat ponsel tersebut berukuran sempurna bagi pengoperasian dengan satu tangan. Resmi Dikenalkan, Spesifikasi-Desain LG G7 ThinQ Sangat Menggoda

Tampil membawa estetika desain baru bagi seri G, terapan pinggiran logam yang dipoles memberi LG G7 ThinQ tampilan lebih halus dan mantap. Sementara untuk peningkatan ketahanan, smartphone dilengkapi Gorilla Glass 5 pada bagian depan dan belakangnya.

Di samping itu, selain membawa sertifikat IP68 untuk resistensinya terhadap debu dan air, LG G7 ThinQ juga didesain untuk memenuhi persyaratan uji MIL-STD 810G. Suatu standar yang didesain oleh militer Amerika Serikat untuk evaluasi kinerja berbagai perangkat pada situasi lingkungan yang keras.

Fitur Kamera dengan Lebih Banyak Kecerdasan 
Dari sisi kamera, perangkat mengusung sensor 8 MP untuk kamera depan dan 16 MP pada bagian belakangnya. Keduanya dilengkapi tangkapan standar dan konfigurasi Super Wide Angle yang memberinya resolusi dan detail lebih tinggi.

Sementara kamera wide angle yang menjadi ciri LG tetap hadir dalam LG G7 ThinQ. Pengembangan yang dilakukan LG pada fitur kamera yang memungkinkan penangkapan gambar dengan bentang lebih lebar itu membuat hasil foto landscape tampil lebih indah dengan berkurangnya distorsi visual pada tepian gambar.

Resmi Dikenalkan, Spesifikasi-Desain LG G7 ThinQ Sangat Menggoda

Di sisi lain, penggunaan kamera untuk kepentingan selfie juga menghasilkan foto lebih jelas dan terlihat lebih alami dibanding smartphone LG sebelumnya. LG juga telah melakukan berbagai peningkatan AI pada fitur kamera LG G7 ThinQ dari yang pertama kali diperkenalkan pada LG V30S ThinQ.

AI CAM pada LG G7 ThinQ menawarkan 19 mode pemotretan dari yang sebelumnya hanya 8, untuk optimisasi kecerdasan pengambilan gambar. Bahkan pengguna kini dapat meningkatkan kualitas hasil foto dengan memilih di antara tiga opsi efek bila yang direkomendasikan AI CAM tak sesuai seleranya.

Baca Juga:   Honor MagicBook, Laptop Super Tipis Huawei dengan Desain Mirip MacBook

Ponsel membawa fotografi low light pada tingkatan yang benar-benar baru dengan Super Bright Camera. Fitur ini memberi kecerahan gambar hingga empat kali lipat lebih tinggi dibanding foto yang biasanya dihasilkan dalam kondisi cahaya redup. Melalui kombinasi pixel binning dan pemrosesan perangkat lunak, algoritma AI bekerja menyesuaikan pengaturan kamera secara otomatis saat pemotretan dilakukan dalam cahaya rendah.

LG pun mengatakan telah menambahkan berbagai fitur baru untuk membuat kegiatan fotografi melalui LG G7 ThinQ lebih menyenangkan dibanding sebelumnya. Mode Live Photo merekam pergerakan satu detik sebelum dan sesudah rana (shutter) ditekan untuk cuplikan momen atau ekspresi tak terduga yang biasanya terlewatkan.

Sedangkan keberadaan Stickers yang berjalan dengan mode pengenalan wajah menghasilkan gambar overlay 2D dan 3D, seperti kacamata hitam dan ikat kepada yang dapat dilihat langsung pada layar.

Yang pula baru bagi smartphone LG di seri G ini yaitu keberadaan Portrait Mode. Penggunaannya memungkinkan pengguna mendapat hasil bidikan ala professional dengan latar belakang out of focus. Efek bokeh ini dapat dihasilkan baik pada mode lensa standar maupun Super Wide Angle yang memberikan opsi lebih luas bagi penggunanya untuk berkreasi lebih.

 

Lebih Mudah dan Lebih Cerdas dengan AI
LG G7 Thin Q akan masuk dalam deretan pertama smartphone yang mendapatkan fitur Google Lens. Google Lens merupakan cara baru untuk melakukan penelusuran dengan memanfaatkan AI dan visi komputasi.

Tersedia dalam Google Assistant dan Google Photos, penggunaannya memberikan informasi lebih terhadap sebuah objek seperti ikon sebuat tempat, tumbuhan, binatang, buku dan bahkan dapat melakukan identifikasi sebuah teks.

Google Lens dapat melakukan banyak pekerjaan mulai dari mengunjungi sebuahwebsite, menambahkan kontak melalui sebuah kartu nama, menambahkan kegiatan pada kalender ataupun melihat dan memilih menu pada sebuah restoran. Detail lebih lanjut tentang Google Lens akan diungkap pada Google I/O.

Terletak tepat dibawah tombol pengeras suara adalah sebuah tombol yang didedikasikan untuk mengaktifkan fungsi AI pada smartphone ini. Satu ketukan pada tombol ini akan mengaktifkan Google Assistant, sementara dua ketukan cepat akan mengaktifkan Google Lens. Opsi untuk menekan dan menahan tombol ini selama beberapa saat akan membuat penggunanya dapat langsung berbicara dengan Google Assistant.

LG G7 Thin Q dilengkapi Super Far Field Voice Recognition (SFFVR) dan mikrophon dengan sensitivitas tinggi. Kelengkapan ini membuat Google Assistant di dalamnya mampu mengenali perintah suara hingga lima meter jaraknya.

Baca Juga:   Ubisoft: Streaming Game Adalah Masa Depan

Fitur ini pun mampu mengenali dan memisahkan perintah suara dari kebisingan suara latar pada lingkungan sekitarnya. Hal ini membuat LG G7 ThinQ menjadi alternatif baik untuk penggunaan AI di rumah, bahkan saat TV dalam keadaan menyala. Berbagai perintah pun telah ditingkatkan pada LG G7 ThinQ untuk Google Assistant yang membuat pengguna dapat menyelesaikan lebih banyak pekerjaan hanya melalui suara mereka.

Layar Super Bright Yang Unggul dalam Persaingan 
Layar berbentang 6,1 inchi dengan resolusi QHD+ (3.120 x 1.440) dan rasio layar FullVision dengan tepian bagian bawah yang 50% lebih ramping daripada LG G6, sepertinya bakal menjadi perhatian pertama bagi tiap orang saat melihat LG G7ThinQ. Didukung teknologi LCD LG terkini, Super Bright Display, layar terbaru keluarga G ini tetap dapat menampilkan gambar baik meskipun pada penggunaan di bawah sorot sinar matahari langsung. Hal ini berkat tingkat kecerahan layar 1.000 nits yang menampilkan spectrum warna 100% DCI-P3.

Bergantung pada jenis konten, tampilan dapat diatur pada enam pilihan: Auto, Eco, Cinema, Sports, Game dan Expert. Pada mode Auto, smartphone ini akan secara otomatis menganalisis konten games dan foto untuk kemudian mengoptimalkan tampilannya dan konsumsi daya. Pengguna pun dapat menyempurnakan tampilan gambar pada layar dengan menyesuaikan tingkat RGB.

 

Resmi Dikenalkan, Spesifikasi-Desain LG G7 ThinQ Sangat Menggoda

LG G7 ThinQ juga membawa pembaruan bertajuk New Second Screen. Pembaruan pada “layar kedua” ini memberikan fleksibilitas lebih bagi pengguna untuk melakukan pengaturan menyesuaikan selera dan gaya tersendiri.

Namun, LG pun menyediakan pilihan bagi pengguna yang menginginkan tampilan layar bergaya tradisional tradisional yang menampilkan layar penuh seperti tanpa tepian. Pilihan ini akan membuat ruang notifikasi pada layar kedua benar-benar hitam. Pengguna pun dapat melakukan perubahan warna pada ruang yang menampilkan notifikasi untuk efek yang lebih personal.

Audio Tak Tertandingi di Smartphone 
Melanjutkan komitmen LG dalam memberikan pengalaman audio tak tertandingi pada smartphone, LG G7 ThinQ pun dibuat dengan menawarkan inovasi audio premium yang membuatnya tetap tak tertandingi pada industri smartphone.

Tersedia pertama kali pada LG G7 ThinQ, Boombox Speaker memanfaatkan ruang dalam LG G7 ThinQ sebagai ruang resonansi yang memberikannya kekuatan suarabass dua kali lebih besar dibanding smartphone konvensional tanpa tambahan speaker eksternal. Bahkan, saat diletakkan pada permukaan atau kotak berbahan solid, smartphone ini akan menggunakan ruang resonansi ini sebagai woofer untuk lebih memperkuat efek bass. 

LG G7 ThinQ pun menjadi smartphone pertama yang menawarkan DTS:X untuk mengalirkan suara 3D bagi seluruh konten dengan kanal audio 7.1 channel untuk penggunaan earphone. Membawa serta warisan LG pada penciptaan suara smartphone yang hebat, LG G7ThinQ dilengkapi HiFi Quad DAC untuk mengalunkan suara yang sangat kaya terutama bila dipasangkan pada earphone dengan impedansi tinggi.

Baca Juga:   Samsung Resmi Umumkan Kehadiran Smartphone Galaxy A6 dan A6+

“LG G7 ThinQ memiliki perhatian pada berbagai hal yang fundamental dalam pengembangannya. Peluncuran smartphone ini menandai babak baru bagi perusahaan kami,” ujar Hwang Jeong-hwan, Presiden LG Electronics Mobile Communications Company saat mengumumkan perangkat di New York, AS, Kamis (3/5/2018) waktu setempat.

“Melalui kombinasi berbagai fungsi AI yang telah dipersonalisasi dan membuatnya benar-benar berguna dengan fitur yang lebih bermanfaat, ini merupakan smartphone LG dengan tingkat kenyamanan paling tinggi saat ini,” katanya lagi.

Ponsel cerdas tersebut akan mulai beredar dalam beberapa hari mendatang di Korea Selatan. Kemudian diikuti di berbagai negara yang menjadi pasar utama di belahan Amerika Utara, Eropa, Amerika Latin, dan Asia. D

 

Spesifikasi Utama: 
• Chipset: Qualcomm Snapdragon 845 Mobile Platform
• Display: 6,1 inci QHD+ 19,5:9 FullVision Super Bright Display (3120 x 1440/564ppi)
• Memory:
– LG G7 ThinQ: 4 GB LPDDR4x RAM/64 GB UFS 2.1 ROM/MicroSD (up to 2 TB)
– LG G7+ ThinQ: 6 GB LPDDR4x RAM/128 GB UFS 2.1 ROM/MicroSD (up to 2 TB)
• Kamera:
– Rear Dual: 16 MP Super Wide Angle (F1,9 /107 derajat)/16 MP standard angle (F 1,6 /71 derajat)
– Front: 8 MP Wide Angle (F 1,9/80 derajat)
• Battery: 3.000 mAh
• OS: Android 8.0 Oreo
• Size: 153,2 x 71,9 x 7,9mm
• Weight: 162 Gr
• Connectivity:WiFi 802.11 a, b, g, n, ac/Bluetooth 5.0 BLE/NFC/USB Type-C 2.0 (3.1 compatible)
• Colors: New Platinum Gray/New Aurora Black/New Moroccan Blue / Raspberry Rose
• Others: Super Bright Display/New Second Screen/AI CAM/Super Bright Camera/Super Far Field Voice Recognition/Boombox Speaker/Google Lens/AI Haptic /HiFi Quad DAC/DTS: X 3D Surround Sound/IP68 Water and Dust Resistance/HDR10/Google Assistant Key/Face Recognition/Fingerprint Sensor/Qualcomm® Quick Charge™ 3.0 Technology/Wireless Charging/MIL-STD 810G Compliant/FM Radio.