Review & Sinopsis Film Death Note 3 : L Change The World

Rekanbola – Usai menonton film Death Note 1 dan film Death Note 2, saya penasaran dengan film Death Note 3. Di dua film sebelumnya, tokoh utamanya adalah Light yang menjadi tokoh antagonis. L yang menjadi lawan adalah protagonis.

Fokus kedua film adalah kompetisi 2 genius yang saling berseberangan. Kompetisi ini sudah dimenangkan oleh L dan berakhir dengan kematian Light. Jadi…. secara tidak langsung, tokoh utamanya juga sudah tidak ada.

Saya sudah menulis 2 seri sebelumnya di blog ini: Death Note 1 dan Death Note 2.Death Note 3: L Change The World. Dari judulnya ketahuan bahwa film ketiga ini hanya spin of dari Death Note saja.

Di film ketiga ini, L yang menjadi tokoh utamanya. Mengetahui ini, saya jadi tambah penasaran.

death note 3Sebagai pemain pendamping, sosok L memang tak ditunjukkan sebanyak Light. Saya mengenal L sebagai anak jenius yang pandai memecahkan kasus. Ia suka makan makanan manis. Ia bisa tahan tidak tidur berhari-hari. Hanya itu saja. Darimana asalnya, siapa orang tuanya, bagaimana cara berfikirnya… sulit ditebak dari 2 film sebelumnya. Di seri ketiga ini, kita diajak mengenal karakter L. Ada banyak kejutan (yg menurut saya berlebihan.

Film dibuka dengan beberapa adegan akhir di film Death Note 2. Tentang kematian Watari yang membuat L ssanget menyesal. Tentang keputusan L mengakhiri hidupnya dalam 23 hari ketika menuliskan nama dan cara kematiannya di buku Death Note yang mereka sita. Beberapa pertanyaan di film Death Note 2 dijelaskan di sini di prolog film.
Di film ini, L sangat sedih karena kehilangan Watari. Ia tinggal di markas sendirian. Ia menyelesaikan bertumpuk tugas yang diberikan paanya dengan cepat. Wajah L nampak hampa namun kejeniusannya tak berkurang. Analisisnya masih sangat kuat sehingga ia tetap menjadi detektif tingkat internasional yang luar biasa. L membakar semua Death Note meski tahu ramalan kematian yang ia buat tidak akan berakhir meski buku tersebut tidak ada lagi.

Baca Juga:   Ancelotti: Napoli Cetak Gol di Waktu Yang Tepat

death note 3.

Di belahan dunia lain, tepatnya di Thailand, ada satu desa yang mendapatkan penyakit aneh. Semua warga dengan cepat menjemput ajalnya. Ada seorang laki-laki yang berlari ke sebuah rumah untuk menjemput seorang anak kecil yang masih terlihat sehat di antara banyaknya orang yang sekarat. Laki-laki ini adalah agen F yang masih satu institusi dengan L. Ia membawa lari seorang anak kecil yang ia yakini memiliki antibodi terhadap virus yang secara tiba-tiba membunuh semua warga desa. Beberapa tentara dari Amerika menembakkan rudal ke desa untuk memusnahkan seluruh bukti adanya virus yang mematikan itu. Sebelum agen F terbunuh, ia berhasil menyelamatkan anak ini dan ia akhirnya dibawa ke Jepang (tempat L tinggal sementara). Anak ini hanya disebut Boy saja. Ia tinggal di markas L.

Di Jepang, ada sebuah organisasi yang sangat perduli pada lingkingan di bumi. Organisasi ini adalah pencetus ide virus mematikan yang diujicoba di Thailand. Matoba, salah satu anggota organisasi ini ingin menjual virus an antivirus yang dikembangkan di laboratorium Infectious Disease Center of Asia ke penjual tertinggi. Matoba bekerja sama dengan dr Kujo yang bekerja di laboratorium ini. Dr Kujo adalah rekan kerja Prof. Nikaido, ahli virus. Ia dikenal L dengan nama K, seorang genius yang diasuh di institusi yang sama dengan L/ mereka belum pernah bertemu.

Prof Nikaido memiliki seorang anak bernama Maki. Tiap hari ia memberi teka-teki kepada anaknya untuk dipecahkan. Dr Nikaido seperti memiliki insting yang kurang baik dengan virus yang baru ia pelajari. Virus yang telah membunuh desa Boy i Thailand. Maka ia diam-diam memberi teka-teki kunci untuk mengembangkan antivirus dan 1 suntikan virus kepada Maki untuk diberikan kepada Watari. Instingnya benar, ia dibunuh oleh K dan kelompoknya.

Baca Juga:   Arsenal Berpeluang Tembus Empat Besar EPL Ketimbang MU dan Chelsea

Maki mencari Watari seperti perintah ayahnya. Ia hanya bertemu L dan Boy. Tak berapa lama, K dan kelompoknya menemukan markas L dan berhasil mendobraknya. K adalah salah satu anak genius yang berasal dari institusi Watari. Maki menyuntikkan virus ke tubuhnya untuk membalas kematian ayahnya. L membawanya lari sebelum virus menyebar. L, Boy dan Maki berhasil kabur dibantu detektif Matsuda. Mereka mencari prof Koichi Matsudo. Beberapa halangan berhasil mereka halau sebelum menemukan Prof Koichi Matsudo agar dapat membuat antibodi untuk virus yang disuntikkan ke tubuh Maki.

Prof Matsudo berhasil membuat antibodi dengan bantuan Boy yang ternyata anak genius. Obat virus mematikan tersebut ternyata adalah senyawa MK yang ada di janin. Tubuh Boy memiliki senyawa ini sehingga ia tidak tertular. Dengan bantuan Boy, Prof Matsudo berhasil membuat banyak antibodi sehingga mereka dapat menyelamatkan semua orang yang tertular virus ini. Sekali lagi, L menyelamatkan dunia. Matoda, K dan penjahat lain juga selamat dan segera ditangkap. L percaya, K masih bisa dipercaya karena rasa sayang pada Watari.

Sebelum film berakhir, L mengantar Boy ke institusi anak genius milik Watari. Ia memberi nama Near (kelak detektif N) sebelum pergi dengan harapan Boy akan selalu dekat dengan orang yang butuh pertolongannya.

****

Film Death Note 3 : L Change The World ini sebenarnya hanya spin of saja. Lebih ke mengenalkan sosok L sebelum meninggal. Memang tak ada adegan L meninggal, tetapi berdasarkan seri kartun mangga, L mati sebelum Light (Kira mati). Versi film layar lebar memang berbeda dengan versi kartun mangga. Versi kartun, L mati di tangan Light. Kisah Light berlanjut sampai ia menjadi jahat dan memperdaya semua orang dengan berpura-pura menjadi L. posisi L sebagai detektif digantikan oleh M (Mellow) dan N (Near). Pertarungan Light dengan para detektif dirikan asrama Watari sebagai penerus L tidak terjadi di film versi layar lebar. N adalah Boy yang diasuh L saat ini. Beda jauh ya.

Baca Juga:   Alex Sandro Bikin Fans Setia Juventus Bernafas Lega

Film Death Note 3 : L Change The World ini fokusnya lebih ke sisi lain L. semua berpusat pada L. siapa l, bagaimana cara kerjanya, pada siapa, apa makanan kesukaannya, mengapa ia terus membungkuk, dan ternyata L petarung yang baik! Surprise! Dengan tubuh kurus membungkuk, ternyata fisik L sangat baik ketika harus berolah fisik. Ia panai melempar sesuatu sebagai senjata. Ehm… para pecinta L pasti berteriak girang menyaksikan aksi heroiknya. Ketika film berakhir, ada harapan L masih hidup dan ada Death Note 4 kelak. Kita tunggu saja.

*******

Death Note 3 : L Change The World

death note 3
Sutradara : Hideo Nakata
Penulis : Tsugumi Ohba
Genre : kriminal, drama, remaja
Negara : Jepang
rilis : 2009
budget : $10.000.000,-
produksi: Horipro, Nikkatsu Pictures, Nippon Television Network (NTV)
durasi : 141 menit
pemain:
Ken’ichi Matsuyama sbg L
Shunji Fujiwara sbg Watari
Sota Aoyama sbg detektif Matsuda
Tatsuya Fujiwara sbg Light Yagami
Mayuko Fukuda sbg Maki Nikaido
Narushi Fukuda sbg Boy (Near)
Sei Hiraizumi sbg Dr Koichi Matsudo
Yûki Kudô sbg Dr. Mikiko Kujo

 

(Sumber : sinopsisFilm)