Ronaldo Gagal Penalti, Portugal Diimbangi Iran 1-1

REKANBOLA –  Portugal dipaksa imbang 1-1 dengan Iran dalam laga matchday ketiga Grup B Piala Dunia 2018. Kegagalan penalti Cristiano Ronaldo mewarnai laga ini.

Bertanding di Mordovia Arena, Selasa (26/6/2018) dinihari WIB, Portugal mengurung pertahanan Iran sejak awal-awal laga. Namun, mereka cuma bisa mencetak satu gol lewat Ricardo Quaresma jelang akhir babak pertama.

Di babak kedua Portugal mendapat hadiah penalti, namun Cristiano Ronaldo gagal menjalankan tugasnya dengan baik. Tendangan dari pemain asal klub Real Madrid itu bisa ditepis Alireza Beiranvand.

Iran mampu menyamakan skor imbang menjadi 1-1 lewat titik penalti di masa injury time. Eksekusi Karim Ansarifard gagal ditaklukkan Rui Patricio.

Dengan hasil imbang ini Portugal harus puas melaju ke babak 16 besar dengan status runner-up Grup B dengan lima poin. Mereka kalah produktivitas gol dengan Spanyol yang menjadi juara grup setelah imbang 2-2 dengan Maroko di saat bersamaan.

Sementara itu, langkah Iran di Piala Dunia 2018 harus berakhir. Wakil dari Asia itu cuma duduk di posisi ketiga dengan empat poin, unggul tiga angka di atas Maroko.

Jalannya Pertandingan

Peluang pertama Portugal didapat pada menit ketiga setelah Cristiano Ronaldo mampu menembus kotak penalti usai menerima umpan manis Joao Mario. Tetapi tembakannya ke tiang dekat berhasil diamankan Alireza Beiranvand.

Iran melancarkan serangan balik cepat di menit ketujuh. Azmoun melepaskan tembakan setelah menerima sodoran dari rekannya di sisi kanan, tetapi bola hasil tembakannya dari tepi kotak penalti melebar dari gawang Rui Patricio.

Iran benar-benar tertekan kala Portugal mendapatkan dua sepak pojok beruntun di menit ke-15. akan tetapi, para pemain Iran yang di kotak penalti mampu memenangi duel udara.

Baca Juga:   MU Bisa Beri Bale Gaji Selangit di Premier League

Serangan balik kembali dilancarkan Iran di saat Portugal kesulitan menembus kotak penalti. Namun serangan yang dibangun oleh Alireza Jahanbakhsh gagal menjadi peluang setelah rekan-rekannya terlambat membantu.

Setengah jam laga berjalan, Portugal masih mendominasi permainan. Akan tetapi, Iran mampu membuat ancaman di menit ke-34 lewat sundulan Saeid Ezzatollahi memanfaatkan umpan dari tendangan bebas, namun bola mengarah tepat ke Rui Patricio.

Portugal berhasil memecah kebuntuan di menit ke-45. Adalah Ricardo Quaresma yang mencatatkan namanya di papan skor untuk membawa Portugal memimpin 1-0

Pemain asal klub Besiktas itu melakukan pergerakan dari sisi kanan dan masuk mendekat ke tepi kotak penalti. Di sana Quaresma melepaskan tembakan dengan bagian punggung kaki kanannya dan bola meluncur ke tiang jauh tanpa bisa dihentikan Beiranvand. Skor 1-0 bertahan hingga turun minum.

Babak kedua baru berjalan enam menit, Portugal mendapat hadiah penalti setelah Ronaldo dilanggar pemain Iran. Sempat terjadi perdebatan dan wasit Enrique Caceres meninjau ulang dengan Video Assistant Referee (VAR).

Keputusan penalti diambil dan Ronaldo maju sebagai eksekutor. Kapten Portugal itu mengarahkan bola ke sisi kiri kiper dan berhasil ditepis oleh Beiranvand.

Serangan Portugal terasa kurang menggigit selepas Ronaldo gagal mengeksekusi penalti. Sementara Iran, beberapa kali mampu memberi ancaman lewat serangan balik.

Pertandingan di babak kedua berjalan sangat keras. Iran dan Portugal masing-masing pemainnya diganjar dua kartu kuning.

Iran mendapat hadiah penalti di masa injury time setelah Cedric Soares tertangkap kamera VAR melakukan handball. Iran tak menyianyiakan kesempatan dan Karim Ansarifard berhasil mengeksekusinya untuk mengubah skor menjadi 1-1.

Peluang emas tak lama didapatkan Iran. Mehdi Taremi, yang dalam posisi bebas gagal melesakkan gol. Tak lama berselang laga pun tuntas dan skor 1-1.

Baca Juga:   Eks Kapten MU Kaget Lihat Cristiano Ronaldo Gabung Juventus

Susunan Pemain:

Portugal: Rui Patricio; Cedric, Pepe, Fonte, Guerreiro; W.Carvalho, Adrien Silva, J.Mario (Moutinho 84′); Quaresma (Bernardo Silva 70′), Andre Silva (Guedes 90′), Ronaldo.

Iran: Beiranvand; Rezaian, Hosseini, Pouraliganji, Haji Safi (Mohammadi 56′); Ebrahimi, Ezzatollahi (Ansarifard 76′); Jahanbaksh (Ghoddos 70′), Amiri, Taremi; Azmoun.

Baca Juga :