Rusia Khawatirkan Rencana Trump Bentuk Pasukan Antariksa

Rekanbola – Pemerintah Rusia mengungkapkan kekhawatiran atas seruan Presiden Amerika Serikat Donald Trump untuk mendominasi eksplorasi luar angkasa dan rencananya untuk membentuk unit militer terpisah yang dinamakan Pasukan Antariksa.

Juru bicara Kementerian Luar Negeri Rusia Maria Zakharova mengatakan, pemerintah Rusia “mencatat instruksi presiden AS itu untuk memisahkan pasukan antariksa dari Angkatan Udara.”

“Hal yang paling mengkhawatirkan tentang berita ini adalah tujuan dari instruksi-instruksinya, yaitu untuk memastikan dominasi (AS) di luar angkasa,” tutur Zakharova seperti dilansir kantor berita AFP, Kamis (21/6/2018).

Sebelumnya pada Senin (18/6) waktu setempat, dalam pidatonya di Gedung Putih, Trump mengatakan bahwa “Amerika akan selalu menjadi yang pertama di luar angkasa” dan “kita tak ingin China dan Rusia dan negara-negara lainnya memimpin kita.”

Trump juga menyerukan Departemen Pertahanan AS untuk membentuk “Pasukan Antariksa” yang akan menjadi cabang keenam militer Amerika, meski untuk mewujudkan hal ini membutuhkan persetujuan Kongres.

Zakharova mengingatkan bahwa AS “memelihara rencana untuk membawa senjata ke luar angkasa dengan tujuan mungkin melakukan aksi militer di sana.”

“Ini bukan berdasarkan dugaan, ini adalah memahami realitas,” tutur Zakharova dalam briefing di Moskow.

“Pembangunan militer AS di luar angkasa terutama setelah munculnya senjata di sana, akan memiliki efek destabilisasi pada stabilitas strategis dan keamanan internasional,” kata Zakharova memperingatkan.

Pejabat Rusia itu pun menegaskan bahwa luar angkasa harus digunakan untuk tujuan-tujuan damai. Zakharova menekankan, meski Rusia memiliki unit militer yang dinamai “pasukan antariksa”, namun aktivitas mereka semata-mata bersifat defensif.

 

 

(Sumber : detik.com)

Baca Juga:   Piala Dunia 2018: Kane Raih Sepatu Emas, Courtois Kiper Terbaik