Rusia Tangkap Terduga Pelaku Ledakan di Pasar St. Petersburg

Rekanbola.com-Media Rusia, Interfax, melaporkan seorang tersangka dalam pengeboman Saint Petersburg yang terjadi pada Rabu lalu, ditangkap pada Sabtu 30 Desember 2017.

Interfax mengatakan “otak dan pelaku langsung serangan bom rakitan pada 27 Desember di pasar swalayan di St. Petersburg ditangkap dalam operasi khusus oleh FSB,” ujar dinas keamanan Rusia.

Baca Juga :

Anak Bos Indofood Meninggal Tiba-Tiba, Apa Penyebabnya?

Lubang Misterius Muncul di Kolam, Ribuan Ikan Tersedot

Terungkap, Hamish Daud Minta Raisa Lakukan Ini Saat Menikah

Laporan itu menyebutkan tersangka diserahkan ke Komisi Penyidik Rusia untuk tindakan lebih lanjut. Demikian seperti dikutip dari VOA Indonesia pada Senin (1/1/2018).

Serangan bom rakitan itu melukai sedikitnya 13 orang. Kelompok militan ISIS mengaku bertanggungjawab atas serangan itu, ujar kelompok intelijen SITE, yang memantau pernyataan ISIS.

Presiden Rusia Vladimir Putin, Kamis 28 Desember lalu mengatakan serangan itu merupakan tindakan terorisme.

Putin menyatakan itu di Kremlin dalam upacara penghargaan bagi tentara Rusia yang bertugas di Suriah. Ia tidak merinci lebih lanjut.

Penyidik awalnya menganggap kasus itu tindakan percobaan pembunuhan. Pejabat kesehatan mengatakan tidak ada korban yang kritis.

Ledakan di pasar Saint Petersburg tersebut terjadi sekitar pukul 18.45 waktu setempat saat orang-orang bersiap untuk merayakan Tahun Baru — hari libur penting negara itu — diikuti oleh Natal Ortodoks Rusia, yang jatuh pada tanggal 7 Januari.

Pejabat mengatakan bom tersebut memiliki kekuatan setara dengan 200 gram TNT.

Rekaman yang diposting daring oleh media lokal menunjukkan, seorang pria yang mengenakan jaket berkerudung, masuk ke supermarket dengan membawa ransel. Tak berapa lama kemudian, ia pergi dari lokasi perbelanjaan itu.

Baca Juga:   Miris! Seorang Anak Bakar Rumah Orang Tuanya Karena Tak Kunjung Dibelikan Ponsel

Saint Petersburg, Rusia adalah rumah bagi puluhan ribu migran yang kebanyakan berasal dari Asia Tengah.

Saint Petersburg Rentan Terorisme?

Berita Menarik Lainnya :

 

Baca Juga:   Mayat bayi dalam kardus sepatu gegerkan jemaah masjid di Makassar