Saat beraksi, komplotan begal ini nyamar jadi anggota Polantas

Rekanbola – Setelah beberapa kali terlibat dalam aksi begal, Agus Adrian (31) ditangkap polisi. Modus yang digunakan pelaku dengan cara menyamar menjadi anggota lantas dan menggelar razia kendaraan.

Kasus ini terungkap setelah polisi menerima laporan warga yang menjadi korban kejahatan saat melintas di Jalan Segaran, Kelurahan 17 Ilir, Kecamatan Ilir Timur I, Palembang, beberapa hari lalu. Ciri-ciri pelaku diketahui sehingga dilakukan pengejaran.

Agus mengakui telah beberapa kali beraksi bersama rekannya, FM (buron), terutama di jalanan sepi. Agar korban percaya, mereka mempersenjatai diri dengan pistol mainan.

“Kami pura-pura jadi polisi, bawa pistol mainan terus merazia kendaraan. Sudah tiga kali melakukannya,” ungkap tersangka Agus di Mapolsek Ilir Timur I Palembang, Senin (10/9).

Setelah korban berhenti, kata dia, barulah menunjukkan belang mereka sebagai begal dengan merampas barang-barang milik korban. Setelah itu, kawanan ini kabur mengendarai sepeda motor ke arah pemukiman penduduk.

“Hasilnya lumayan, tapi sudah habis buat beli miras,” ujarnya.

Sementara itu, Kapolsek Ilir Timur I Palembang Kompol Edi Rahmat mengatakan, tersangka diringkus di rumahnya di Jalan Sungai Jeruju, Kelurahan 8 Ilir, Palembang. Barang bukti diamankan berupa pistol mainan yang digunakan setiap beraksi.

“Modusnya menyamar jadi polisi. Korban dipaksa menyerahkan barang berharga sambil menodongkan pistol mainan,” kata Edi.

Atas perbuatannya, tersangka Agus dikenakan Pasal 365 KUHP dengan ancaman pidana penjara di atas lima tahun penjara. Sementara keberadaan FM saat ini masih diburu polisi.

Baca Juga:   Muslimah yang Sedang Hamil Diseret Keluar Pesawat AS