Sandiaga Kaget, Elektabilitasnya Capai 29 Persen

Rekanbola – Lembaga Survei Indonesia atau LSI Denny JA, merilis hasil survei terbaru terkait kontestasi Pemilihan Presiden 2019. Dalam survei tersebut, pasangan bakal capres-cawapres Joko Widodo-Ma’ruf Amin, unggul elektabilitas dibandingkan pasangan bakal capres-cawapres Prabowo Subianto-Sandiaga Uno. Jokowi-Ma’ruf mendapatkan elektabilitas 52,2 persen, sedangkan Prabowo-Sandiaga 29,5 persen.

Merespons hasil survei ini, Sandiaga Uno terlihat terkejut. Meskipun masih di bawah Jokowi-Ma’ruf, Sandiaga tak menyangka bahwa dirinya berhasil mendapatkan 29,5 persen pemilih.

Baca JugaWakil Ketua Komisi X: Anggaran Pendidikan 20 Persen hanya Formalitas

“Di bawah berapa? 29 persen? Aah gila, yang bener? Awalnya kan 0,3 saya. Yah bagus menurut saya, ini optimis banget malah dikasih 29 persen sama LSI. Dulu-dulu saya dikasih sama LSI 0,3 persen,” kata Sandiaga usai peluncuran buku #2019GantiPresiden di Kawasan Menteng, Jakarta Pusat, Selasa 21 Agustus 2018.

Terkait angka ini, Sandiaga mengaku tidak begitu menjadikannya sebagai acuan. Sebab, begitu banyak survei yang sengaja dibuat untuk melakukan penggiringan opini publik.

Sandiaga mengatakan, dalam internal Prabowo-Sandiaga, memiliki tim survei sendiri yang dijadikan barometer. Namun, hasil survei tersebut tidak dirilis dan hanya akan digunakan untuk kepentingan internal.

“Survei ini kan selalu dipakai untuk giring opini, kita tahu. Jadi ini bagian dari penggiringan opini. Saya punya survei sendiri yang tidak pernah saya akan rilis, temen-temen tahu sendiri bahwa ini adalah bagian dari kita, tentunya hasil ini kita terima dan pelajari,” tuturnya.

“Nanti kita pastikan fokus pada menyapa masyarakat, dengan aspirasi yang kita harapkan bisa menjawab solusi terhadap apa yang dirasakan oleh masyarakat, lapangan kerja dan juga biaya hidup,” ujarnya.

Baca Juga:   Kapal Tenggelam di Makassar karena Dihantam Angin