Santos Kecewa dengan Pertahanan Portugal

Rekanbola.com – Tampil dominan dan sempat unggul dua gol, Portugal malah kalah dari Swedia. Secara pertahanan, performa Portugal dinilai pelatih Fernando Santos mengecewakan.

Menjamu Swedia di Estadio dos Barreiros, Rabu (29/3/2017) dinihari WIB dalam laga persahabatan, Portugal sempat unggul dua gol lebih dulu. Cristiano Ronaldo membuka skor di menit ke-18, diikuti gol bunuh diri Andreas Granqvist di menit ke-34.

Tapi secara pertahanan, sejak babak pertama Portugal sudah menunjukkan tanda-tanda kerapuhan. Viktor Claesson sempat mendapatkan dua kesempatan terbuka di babak pertama, sepakannya yang pertama dihalau Marafona sementara yang kedua melesat tipis di atas gawang Portugal.

Selain itu Christoffer Nyman juga lolos dari penjagaan kala menyambut umpan silang Emil Krafth, meski pada akhirnya tembakannya melambung. Namun di babak kedua, Swedia memperbaiki penyelesaian akhirnya sebaliknya Portugal gagal meningkatkan pertahanannya.

Pada gol pertama Claesson di menit ke-57, bak-bek Portugal tak sigap membaca pergerakan para pemain Swedia. Hal serupa juga terjadi pada gol kedua Claesson di menit ke-76, di mana Nelson Semedo terlambat menutup pergerakan gelandang Swedia tersebut.

Performa buruk pertahanan Portugal dituntaskan dengan sebuah gol bunuh diri Joao Cancelo di menit-menit akhir. Tapi sebelum gol itu, dua pemain Portugal yakni Semedo dan Ricardo Quaresma, tak memperhatikan pergerakan Niklas Hult yang kemudian melepaskan umpan silang yang membentur Cancelo dan masuk ke gawang sendiri.

Santos mengakui secara pertahanan, Portugal tak pernah benar-benar tampil secara benar di laga ini.

“Di babak pertama kami tampil cukup baik. Tapi dalam hal pertahanan, kami tidak pernah cukup oke,” katanya kepada TVI24.

“Kami menciptakan kans-kans, mencetak dua gol, laganya terkontrol dengan baik, tapi kami kalah. Hanya ada sedikit rasa tanggung jawab dari para pemain di babak kedua.”

“Saya sejak awal tahu apa yang saya harapkan dari tim. Saya membuat pemilihan pemain, tapi di babak kedua ada tanggung jawab yang sangat kecil mempertimbangkan seperti apa tim ini, sebuah tim yang harusnya bertahan dan menyerang dengan baik,” imbuhnya dikutip Soccerway.

 

 

 

Berita Menarik Lainnya :

 

  1. 10 Aksi duet tim Jupiter Aerobatik TNI AU & AU Korsel di Malaysia

  2. Transformasi Nicholas Saputra, dari cowok puitis hingga aktor terbaik

  3. 10 Foto Grant Hazell, mantan polisi ‘kembaran’ Ryan Gosling

Facebook Comments

Follow me on rekanbola twitter