Sebanyak 67% Jemaah Haji Indonesia Berisiko Tinggi karena Usia Tua

Rekanbola – Wakil Ketua Komisi IX DPR RI, Ermalena, menilai salah satu penyebab rawannya jemaah haji sakit karena banyak dari mereka yang berusia lanjut yang sulit beradaptasi dengan cuaca Arab Saudi.

Lebih lanjut, politis PPP ini menyebut banyaknya jemaah berusia lanjut karena waktu tunggu mereka untuk haji cukup panjang. Bahkan ada yang sampai waktu tunggu hingga 17 tahun sehingga mereka berangkat saat usia sudah tua.

“Kami mendapatkan informasi bahwa 67 persen jamaah berisiko tinggi, karena waktu tunggu yang terlalu terlalu lama,” ujar Ermalena dalam keterangan tertulis, Selasa (24/7/2018).

Sebelumnya, Ermalena bersama rombongan komisi IX DPR meninjau pelayanan haji di Embarkasi Padang, dan Asrama Haji Tabing, Sumatera Barat, Kunjungan ini untuk memastikan pelayanan kesehatan untuk jemaah haji.

Komisi IX sempat menanyakan keikutsertaan jemaah sebagai sebagai peserta Jaminan Kesehatan Nasional.

Rombongan komisi IX DPR ini diterima oleh Kanwil Kementerian Agama Sumbar Hendri, Staf Ahli Gubernur Sumbar Rosman Effendi, Kepala Dinas Kesehatan Sumbar Merry Yuliesday dan pemangku kepentingan lainnya.

 

( Sumber : detik.com )