Sebut Liverpool Beruntung, Klopp: Mungkin Man City Tak Butuh Keberuntungan

Rekanbola – Liverpool berhasil menjaga laju positif mereka di Premier League 2018/19 saat mengalahkan Huddersield Town dengan skor tipis 1-0 di pekan kesembilan, Sabtu (20/10) malam WIB kemarin. Satu-satunya gol kemenangan Liverpool hadir dari kaki Mohamed Salah.

Kemenangan ini membuat The Reds terus menempel ketat Manchester City di puncak klasemen. Kedua tim terkuat di Premier League ini sama-sama mengoleksi 23 poin hasil dari tujuh kemenangan dan dua hasil imbang. Man City unggul selisih gol.

Uniknya, setelah melewati sembilan pertandingan, baik Liverpool maupun Man City baru kebobolan tiga kali. Jumlah tersebut merupakan catatan terbaik dari tim-tim lain di Premier League.

Torehan tersebut juga membuktikan bahwa Liverpool memiliki pertahanan yang sama kuatnya dengan Man City. Namun sang pelatih, Jurgen Klopp menegaskan ada sedikit faktor keberuntungan yang membantu timnya. Baca penjelasan Klopp selengkapnya di bawah ini:

 

Keberuntungan

Pertahanan Liverpool dinilai sudah berkembang pesat dari musim lalu. Klopp pun mengakuinya. Salah satu kepingan penting dalam perkembangan Liverpool itu adalah sosok Virgil van Dijk.

“Kami harus berkembang dan itulah yang sudah kami perbuat. Akan tetapi sejujurnya kami tak mau menggunakan tiang gawang untuk bertahan! Jika itu terjadi maka anda menerimanya, tetapi itu bukan pertahanan – itu keberuntungan,” kata Klopp di laman resmi liverpoolfc.

“Anda membutuhkan keberuntungan untuk hanya kebobolan tiga gol. Mungkin Man City tak butuh keberuntungan, saya tak tahu, tetapi kami jelas beberapa kali membutuhkannya.”

 

Percaya Diri

Meski dibumbui keberuntungan, Klopp tetap bangga dengan catatan clean sheets tersebut. Menurutnya, hal itu sangat penting untuk menjaga kepercayaan diri skuatnya. Klopp percaya tim yang bertahan dengan baik akan lebih mudah meraih kemenangan.

Baca Juga:   Sudah Kepala Empat, Buffon Masih Belum Tahu Kapan Pensiun

“Meski demikian, kami akan mendapatkan lebih banyak kepercayaan diri dari itu [clean sheet] dan keyakinan pada apa yang kami lakukan.”

“Saat anda adalah tim yang tak mudah dikalahkan, itu membuat anda lebih mudah untuk menang. Itulah yang coba kami ciptakan, itulah kami saat ini, jadi mari terus melaju,” tandas Klopp.